11 Tahun iPhone, Warisan Steve Jobs

JAKARTA (!) – Selasa, 9 Januari 2007, merupakan hari bersejarah bagi teknologi telepon selular atau ponsel.

Sebab, tepat 11 tahun silam, CEO Apple Steve Jobs memperkenalkan produk ponsel pintar (smartphone) bernama iPhone.

Kala itu, Jobs memperkenalkan produk ponsel dengan layar lebar dan dinavigasi dengan jari manusia. Para peneliti di Apple bekerja keras mengembangkan produk itu bertahun-tahun.

“Kehadiran iPhone adalah untuk ‘menemukan kembali arti sebuah telepon,'” kata Jobs, di konferensi Macworld, San Francisco, California, Amerika Serikat, dikutip dari History, Selasa (9/1).

iPhone bisa melakukan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima email dan mendengarkan musik. Jobs memperlihatkan cara navigasi yang sangat berbeda.

Produk iPhone.
iPhone 3G.

Ia membuka iPhone dengan cara menggeserkan jari dari kiri ke kanan, lalu menggulirkan layar dengan cara menyapu jari dari atas ke bawah.

iPhone dianggap telah mengubah wajah industri ponsel pintar. Produk ini juga membawa Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia.

iPhone menjadi smartphone terlaris selama beberapa tahun di Amerika Serikat, Jepang, dan sejumlah negara lain, termasuk Indonesia.

Jobs meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 akibat respiratory arrest atau berhenti bernapas terkait penyebaran kanker pankreas yang diderita. Posisinya lalu digantikan Tim Cook hingga saat ini.

Berikut ‘wajah’ iPhone dari tahun ke tahun yang berhasil dirangkum TANDASERU.id.

Produk iPhone.
iPhone 5S.

iPhone dengan pilihan memori internal 4GB, 8GB, dan 16GB. Produk pertama ini resmi dijual ke publik pada 29 Juni 2007.

Lalu, muncul generasi kedua, iPhone 3G, yang dirilis pada 11 Juli 2008. Selanjutnya, iPhone 3GS pada 19 Juni 2009, iPhone 4 pada 24 Juni 2010, serta iPhone 4S yang dirilis 14 Oktober 2011.

Kemudian, iPhone 5 diluncurkan pada 21 September 2012, iPhone 5S dan iPhone 5C, keduanya dirilis pada 20 September 2013.

Produk iPhone.
iPhone X dengan Face ID.

Terakhir, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 2014, iPhone 7 dan 7 Plus pada 16 September 2016, hingga iPhone 8 dan 8 Plus, serta iPhone X – ketiganya meluncur pada 2017.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -