Ingat! 3 Sosok Pemuda Ini Patut Dibanggakan pada Hari Sumpah Pemuda

Jakarta (!) – Tepat hari ini masyarakat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Tanggal 28 Oktober menjadi hari bersejarah bagi pemuda pemudi Indonesia.

Banyak tokoh pemuda yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Meneruskan perjuangan mereka harus juga dengan mengingat tokoh penting yang berperan, untuk mengambil inspirasi agar tetap semangat meraih kemerdekaan yang jaya.

Kini tandaseru.id mempunyai 3 sosok pemuda yang kala itu ikut berperan memikirkan nasib bangsa. Yuk, ingat kembali nama-nama mereka di pekan sumpah pemuda ini.

  1. Soegondo Djojopoespito

Seorang aktivis pendidikan, yang tinggal di kediaman Ki Hajar Dewantara ini lahir pada tahun 1905. Beliau merupakan pemimpin Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda yang kini terkenal.

Setelah peristiwa Sumpah Pemuda 1928, Soegondo aktif dalam pergerakan perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Diantaranya aktif sebagai guru dan masuk partai politik.

  1. Soe Hok Gie

Seorang aktivis Indonesia keturunan tionghoa yang turut andil dalam penurunan kekuasaan Orde lama. Gie juga seorang  penulis yang produktif, ia banyak dikagumi lantaran tulisan-tulisannya.

Beliau Lahir pada 17 Desember 1942 dan wafat pada 16 Desember 1969 di usia tahun. Seorang intelektual muda Indonesia yang menentang kediktaktoran dari Presiden Soekarno dan Soeharto.

Suatu hari Soe Hok Gie pernah dikirimi surat kaleng oleh seseorang yang mengaku pecinta Bung Karno. Rupanya pengirim surat marah dengan kritik-kritik Gie dalam mingguan Mahasiswa Indonesia. Surat itu berisi umpatan berbau rasial.

Baca Juga:

  1. Soenario

Seorang pengacara yang aktif membela para aktivis kemerdekaan yang berurusan dengan polisi Hindia Belanda.

Soenario menjadi penasihat panitia perumusan Sumpah Pemuda dan pembicara dengan makalah “Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia”.

Beliau lahir pada 1902 dan wafat 18 mei 1997 di usia 94 tahun.

Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk masyarakat seluruh Indonesia. Semangat berkarya dan berinspirasi untuk jadikan negeri yang lebih baik. (put)

Kumpulan Berita Terkait