3 Tanda Gigi Mau Copot, Perhatikan Baik-Baik Moms!


Tandaseru – Gigi copot dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari benturan keras, hingga kondisi medis serius. Gigi copot sering dialami terutama pada anak-anak. Oleh sebab itu para ibu perlu mengetahui kondisi anak ketika ada tanda gigi mau copot.

Apabila Anda bingung membedakan tanda gigi mau copot dengan masalah gigi dan mulut lainnya, cari tahu jawabannya disini.

Hal tersebut tergantung dari penyebab yang mendasarinya, berikut beberapa tanda atau gejala gigi mau copot yang perlu diperhatikan baik-baik.

Tanda gigi mau copot yaitu gusi berdarah

Pernah merasakan gusi terlihat memerah, bengkak, dan mudah bedarah saat menyikat gigi?  Bisa jadi itu tanda awal penyakit gigivitis atau peradangan gusi.

Apa Anda juga pernah makan makanan yang bertekstur keras? Ya, peradangan gusi terjadi karena pengerasan plak gigi akibat penumpukkan bakteri di bawah gusi.

Hati-hati, jika hal ini dibiarkan maka akan membuat kondisi ini menyebabkan gigi copot. Bahkan masalah lain pada gusi bisa mengganggu aktivitias sehari-hari.

Segera konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mengatasi masalahnya.

Gigi terasa sakit

Apabila merasakan sakit parah pada gigi atau mulut disertai dengan pembengkakan, segera periksakan ke dokter gigi.

Hal ini bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami penyakit gusi alias periodontitis stadium lanjut yang membutuhkan pengobatan segera.

Penyakit ini bisa menyebabkan abses atau infeksi yang mengakibatkan penggumpalan nanah yang menimbulkan rasa sakit berdenyut.

Bahkan jika dibiarkan lama maka bisa membuat infeksi ini merusak jaringan lunak dan tulang yang menundukung gigi Anda.

Dampak dari penyakit gusi ini adalah perlu pencabutan gigi. Sebab bisa membuat gusi mulai surut dan gigi dapat melonggar.

Gigi goyang

Tak perlu diragukan, gigi goyang menjadi salah satu tanda yang paling mudah diamati bila gigi mau copot.

Ketika diraba menggunakan lidah atau disentuh dengan tangan, gigi yang akan copot biasanya terasa goyah.

Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman di mulut, terutama ketika Anda ingin mengunyah makanan  keras atau berbicara.

Jika merasa sulit mengenali tanda gigi mau copot atau tidak bisa mencabut gigi anak sendiri, maka segera konsultasi ke dokter gigi untuk tindakan pencabutan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait