Fredrich Yunadi tak Kunjung Penuhi Panggilan KPK

JAKARTA (!) – Mantan pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi tak kunjung memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat (12/1). Kuasa Hukum Fredrich Yunadi, Supriyanto Rafa, mewakili kliennya mengungkapkan tak bisa hadir karena satu dan lain hal.

“Tidak bisa hadir beliau,” kata Supriyanto dia kantor KPK, Jakarta, Jumat (12/1).

Supriyanto menyebut, kliennya tak hadir lantaran masih menunggu respons KPK atas permohonan penundaan pemeriksaan dirinya. Supriyanto mengaku telah mengirimkan surat ketidakhadiran sebelumnya kepada KPK.

“Jadi ini bukan berarti tidak patuh hukum. Namun, ketidakhadiran ini untuk meminta KPK menjawab surat permintaan penundaan pemeriksaan itu,” ujarnya.

Supriyanto pun yakin, berdasarkan hukum acara, ketidakhadiran kliennya tentu tidak kemudian membuat KPK langsung melakukan paksa terhadap kliennya.

“Yang jelas klien kami tetap berada di Jakarta, tidak ke mana-mana,” tegasnya. Supriyanto menuturkan kliennya tidak akan menghindar dari agenda pemeriksaan sebagai tersangka di KPK.

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah mengatakan, KPK menghargai rencana proses sidang kode etik profesi atas Fredrich. Namun, lanjut Febri, rencana pemeriksaan kode etik tidak boleh menunda apalagi memperlambat proses hukum.

“Karena proses etik dan proses pidana adalah dua hal yang tidak harus saling menunggu,” ujar Febri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -