4 Cara Tingkatkan Hormon Happy yang Paling Hemat!

Tandaseru – Permasalahan hidup sering kali membuat seseorang cepat merasa terpuruk dan sedih, apalagi jika keadaan keuangan sedang tipis-tipisnya. Tapi tak perlu khawatir, kini ada cara tingkatkan hormon happy dengan tidak membutuhkan biaya mahal.

Seperti dilansir dari Bustle, ada beberapa kegiatan sederhana yang bisa membuat otak merilis endorfin, serotonin, dan hal semacamnya.

Nah, kumpulan hormon tersebut tentu bisa membuat seseorang merasa bahagia. Penasaran apa saja? Intip yuk 4 ulasannya di bawah ini!

Salah satu cara tingkatkan hormon happy yaitu dengan nostalgia masa-masa indah

Ingatlah masa-masa indah bersama orang yang Anda cintai, tapi bukan berarti mantan ya! Terntara hal ini bisa membuat otak melepaskan hormon serotonin.

Menurut psikolog Dr Josep Cilona, dengan bernostalgia seperti melihat foto-foto lama akan mengingatkan seseorang pada kejadian membahagiakan dalam hidup.

Pada waktu-waktu itulah Anda pernah merasa percaya diri, sukses dalam meraih sesuatu yang signifikan. Hal ini dapat menciptakan peningkatan kadar serotonins secara seketika.

Buatlah list aktivitas yang ingin dilakukan

Dengan membuat beberapa list aktivitas yang positif, tanpa sadar Anda akan merasa bertanggung jawab pada rasa puas saat telah mencapai sesuatu, seperti dilansir Psychology Today.

Seseorang pun dapat memproduksi dopamin setiap sedang mengecek apakah semua hal dari tulisan tersebut sudah tercapai.

Banyak manfaat dari kegiatan yang satu ini, yakni bisa jadi lebih termotivasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Makan makanan yang pedas

Rasakan sensai unik ketika makan makanan pedas. Sebab tubuh akan bereaksi karena mengira rasa pedas itu adalah rasa sakit.

Misalnya saat makan makanan kesukaan Anda seperti bakso, siomay atau gorengan, namun  dengan sambal cabe yang banyak.

Hal ini akan mengirimkan endorfin untuk memblokir rasa pedas dan bisa memberikan Anda rasa bahagia dan bahkan mengurangi rasa sakit di bagian lainnya.  Cara ini cukup keren ya!

Bermain musik dan bernyanyi

Tips yang terakhir, ketika Anda mengalami stres di tempat kerja atau dirumah. Cobalah untuk bermain musik jika bisa memainkan musik atau bisa juga dengan bernyanyi.

Ambil saja alat musik favorit Anda, luangkan waktu sejenak untuk bermain. Mainkanlah dengan nada yang indah atau bisa juga dengan irama kesukaan Anda.

Lantunkan dengan perasaan atau emosi sesuai irama, dengan begitu Anda akan merasakan kepuasan tersendiri karena sudah melampiaskan kepenatan pikiran dengan memainkan musik bersama lantunan yang baik dan enak di dengar.

Berdasarkan penelitian dari University of Oxford , cara tingkatkan hormon happy yang satu dapat membantu merilis endorfin.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -