40 Tewas Ditembak di Dua Masjid, Selandia Baru Berlakukan Status Keamanan Tertinggi

Tandaseru – Penembakan brutal terjadi di dua masjid pusat Kota Christchurch Selandia Baru, mengakibat sekitar 40 orang tewas dan 20 orang lainnya luka serius.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengungkapkan jumlah yang tewas tersebut terkonfrimasi 30 orang di Masjid Al Noor wilayah Dean’s Road dan 10 korban lainnya di Masjid Linwood.

Terkait penembakan tersebut, empat orang telah ditahan kepolisian Selandia Baru salah satu yang ditangkap merupakan warga negara Australia. “Belum melihat ada kemungkinan tersangka lainnya,” ujar Ardern.

Dia mengatakan penembakan di dua masjid di pusat Kota Christchurch pada Jumat (15/3) siang itu sebagai tindakan terorisme. “Selandia Baru telah memberlakukan status keamanan tertinggi guna merespons insiden ini,” tuturnya.

Sementara itu, sebuah video viral memperlihatkan seorang pelaku penembakan di Masjid Al Noor menyiarkan langsung aksinya saat melepaskan tembakan membabi buta melalui Facebook Live.

Video itu memperlihatkan pria itu masuk ke dalam masjid, kemudian melepaskan tembakan ke umat yang sedang beribadah. Terekam pula beberapa orang mengerang di lantai masjid. Sejumlah orang lainnya terlihat terkapar tak berdaya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait