Coba Diet Plastik Yuk, Dampaknya Luar Biasa Untuk Bumi!



Tandaseru – Plastik menjadi salah satu ‘musuh’ terbesar lingkungan, termasuk botol plastik bekas minuman. Hal yang bisa dilakukan adalah tinggalkan plastik. Nah, ada beberapa cara diet plastik yang bisa Anda ikuti dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini Indonesia menduduki deretan kedua penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Sampah plastik tersebut kebanyakan berakhir di lautan.

Bahkan sering menjadi santapan banyak binatang laut. Seperti pada bulan November lalu, sampah plastik seberat 5,9 kg ditemukan dalam perut paus yang terdampar di Wakatobi.

Tak ingin binatang laut meninggal akibat ulah kita, kan? Kurangi pemakaian plastik dengan cara diet plastik yuk. Begini caranya!

Cara diet plastik dengan menolak memakai sedotan plastik

Saat ini, sedotan stainless steel sudah dijual dengan berbagai ukuran, termasuk untuk minuman bubble tea.

Gunakan sedotan dari bahan stainless steel atau bambu. Beli saja sedotannya  di toko green mommy shop atau cleanomic.

Mulai saat ini bawa sedotannya kemana pun Anda pergi. Bahkan Anda bisa mencucinya, jadi sedotan tersebut memang dikhususkan hanya untuk Anda

Membawa tempat sendiri untuk belanja kebutuhan sehari-hari

Bawalah tas belanjaan sendiri, seperti kantong jaring atau tas kecil-kecil untuk membeli sayuran dan buah-buahan.

Berani untuk menolak pelayanan supermarket yang masih menggunakan kantong plastik. Bahkan saat ini, tas kecil-kecil keperluan belanja juga sudah mulai banyak dijual, loh.

Hanya saja bila bila menemukan toko yang masih memakai plastik organik, Anda bisa menggunakannya karena plastik tersebut bisa terurai.

Membawa botol minum sendiri

Sering beli kopi atau minuman dengan bahan botol plastik? Minimalkan hal tersebut ya. Yuk, mulai membawa botol minum sendiri.

Anda bisa menyiapkan satu botol minum kosong atau tumblr. Bila Anda henak ingin membeli minuman, maka bisa langsung menggunakannya.

Memisahkan jenis sampah

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan membantu proses mendaur ulang sampah plastik dan menjadikan sampah sisa makanan sebagai pupuk.

Kini banyak cara mendaur ulang sampah plastik, seperti membuat sampah menjadi tas atau barang kerajinan tangan lainnya yang tak kalah bagus dan unik.

Batasi pembelian online

Cara Belanja Online Flash Sale, Harbolnas Jangan Sampai Ketinggalan!

Mulailah mencoba mengurangi pembelian secara online agar bisa mengurangi penggunaan plastik.

Saat pengiriman barang dilakukan tentu akan banyak sekali plastik yang akan digunakan dan berakhir di tempat sampah.

Yuk, mari kita lakukan 5 cara diet plastik demi menjaga lingkungan agar lebih bersih dan tidak menghilangkan ekosistem laut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait