Masih Mudik di Banyumas? Jangan Lewatkan 5 Kuliner Lezat ini!

Tandaseru – Masih mudik di daerah Banyumas? ada banyak hal wajib dilakukan loh, salah satunya mencoba kuliner khas daerah tersebut. Jangan lewatkan kuliner khas Banyumas ya. Siapa tahu setelah kembali ke Jakarta Anda akan rindu kampung halaman.

Sama halnya dengan kota-kota lainnya, Banyumas juga menyajikan kuliner Banyumas yang akan membuat kalian rindu akan kota tersebut.

Selain mengunjungi kawasan wisata di Banyumas, jangan lupa mencicipi sederet kuliner yang ada disana. Berikut 5 kuliner yang khas dari daerah Banyumas.

Soto Sokaraja

Siap-siap rindu dengan makanan yang satu ini, sebab Soto Sokaraja hanya dapat ditemukan di Banyumas saja loh.

Ya, walaupun didaerah lain mungkin ada menu ini, tetap saja tak senikmat kuliner lezat khas Banyumas.

Kuah soto sokaraja yang kaya akan rempah, bertabur toge, bihun, ayam suwir semua semakin sempurna dengan tambahan kerupuk diatasnya.

Kuliner lezat ini sangat cocok menemani sarapan kalian di Banyumas.

Nopia

Kudapan nopia merupakan kuliner khas Banyumas yang paling populer. Bentuk nopia sangat unik dan menarik loh, dan ternyata cara membuatnya pun tak kalah unik.

Proses pematangan nopia tidak digoreng ya, melainkan dipanggang pada tungku khusus. Nah, caranya ditempel pada dinding tungku yang dipanasi bara api.

Cimplung

Selain camilan nopia, cimplung juga menjadi salah satu makanan khas Banyumas yang populer di masyarakat. Makanan ini masih dengan menu berbahan singkong.

Jangan salah ya, cimplung hanya bisa dibuat oleh para pembuat gula jawa loh.  Pasalnya cara pembuatan cimplung membutuhkan bahan-bahan tertentu.

Pertama kali Anda harus meyediakan bahan utama cimplung yaitu singkong atau dengan (kelapa muda), kemudian rebus menggunakan air kelapa serta ditambahkan gula jawa. Cimplung pun akan terasa manis dan sedap.

Kraca

Ketika bulan Ramadhan seperti beberapa waktu lalu, daerah Banyumas banyak yang menjual kraca, keong sawah yang dimasak menggunakan bumbu nan sedap.

Sudah tau cara memakan kraca? Memakannya harus dicucup atau disedot menggunakan mulut. Rasakan sensasi gurih dan lezat ketika makan kraca ya!

Lanting bumbu atau klanting

Kuliner Banyumas lainnya adalah lanting bumbu, makanan khas yang terbuat dari singkong yang diparut dan diperas.

Klanting ini dicampurkan dengan bumbu rahasia yang kemudian digoreng hingga berubah warna. Makanan golongan cemilan ini wajib kalian beli dan coba ketika di banyumas, enak dan gurih.

Tenang saja, sangat mudah untuk menemui makanan ini. Banyak penjual klanting bertebaran disana, baik dijajakan asongan atau pun toko oleh-oleh.

Demikian 5 kuliner khas Banyumas yang wajib dicoba. Ternyata Banyumas memiliki cita rasa yang beragam ya! Makanan lezat diatas wajib di bawa sebagai buah tangan ketika kembali ke kota masing-masing nih, ­­­­­­­­­pasti akan sangat dirindukan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -