Supaya Enggak Boros di Bulan Puasa, Ikuti 5 Tips Hemat Ini

Tandaseru – Saat Ramadhan, harga kebutuhan pokok selalu naik. Telur, ayam, daging sapi, bahkan bumbu dapur harganya semakin ‘menggila’ hingga jelang lebaran Idul Fitri. Bukan hanya itu, biasanya saat bulan puasa, orang-orang jadi lebih konsumtif dan boros. Maunya beli ini dan itu.

Bagi ibu rumah tangga, tentu hal ini tidak bisa dibiarkan, perlu secepatnya memutar otak untuk menghemat biaya pengeluaran di bulan Ramadhan. Nah, apa saja sih yang perlu dilakukan untuk berhemat selama bulan puasa, agar keuangan keluarga terkendali? simak tips berikut ya;

1. Tentukan menu sahur dan berbuka untuk satu minggu
Menentukan menu sahur dan berbuka untuk seminggu kedepan membantu ibu rumah tangga menyiasati harga bahan pangan yang terus melambung. Perkirakan kebutuhan makanan untuk keluarga, jadi anda bisa berbelanja secukupnya. Ingat, siapkan makanan dengan sumber karbohidrat, protein, dan vitamin serta serat yang cukup. Tidak perlu mahal, yang penting bergizi.

2. Batasi berbuka bersama di luar rumah
Berbuka puasa di rumah memang bisa menghemat pengeluaran saat Ramadhan. Tapi sesekali boleh lah menikmati santapan di luar sekaligus menjalin silaturahim dengan keluarga dan kerabat. Asalkan jangan terlalu sering, sesuaikan dengan kemampuan finansial anda, usahakan jangan lebih dari 5 kali ya. Cari alternatif menu makanan yang murah seperti masak bersama di rumah kerabat atau pilih resto yang menyajikan makanan dalam porsi besar.

3. Hindari ‘lapar mata’ saat berbuka puasa
Saat berpuasa, anda seringkali banyak mau dengan makanan dan minuman ini itu untuk berbuka kan?. Eitsss, bisa saja itu hanya ‘lapar mata’. Lambung manusia dewasa tidak cukup besar untuk melahap sekaligus banyak makanan, karena itu terlalu banyak makanan yang disediakan, nanti malah mubazir tidak dimakan. Jadi bukan hanya saat berpuasa di siang hari, waktu berbuka pun perlu juga menjaga nafsu.

4. Jangan ‘latah’ dengan jajanan kekinian yang sedang tren
Belakangan jajanan baik itu makanan atau minuman banyak yang menjadi tren di kalangan anak muda. Mulai kue artis, pisang nugget, bola ubi, es kepal, makanan jepang, korea, dan masih banyak lagi. Hanya karena penasaran dan enggak mau dibilang ‘kudet’ atau kurang update, jadilah rela merogoh kocek untuk membeli semua itu.

5. Jangan lemah melihat tulisan ‘sale’
Bulan Ramadhan sudah menjadi target marketing produk ritel meraup untung sebanyak-banyaknya. Ya sebab di penghujung bulan suci, yaitu saat Idul Fitri, tradisi masyarakat Indonesia yakni membeli barang-barang serba baru. Mulai dari pakaian sampai dekorasi rumah.

Sebaiknya pikir matang-matang dengan tawaran sale. Teliti apakah sale yang ditawarkan rasional, sebab ada juga produsen yang sengaja menaikan harga barang lebih dulu. Dan sesuaikan dengan kebutuhan, apakah barang yang ditawarkan sangat diperlukan atau bisa dikesampingkan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -