600 Personel Disiagakan untuk Amankan Perayaan HUT DKI Jakarta ke-492

Tandaseru – Pemprov DKI Jakarta akan merayakan hari ulang tahun (HUT) Jakarta ke-492 di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Sabtu (22/6). Terkait itu, polisi telah menyiagakan 600 personel untuk pengamanan kegiatan itu.

“Khusus untuk pengamanan yang kegiatan di Bundaran HI ada 600 personel,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Polda Metro Jaya, Jumat, 21 Juni 2019.

Yusuf mengatakan, kegiatan perayaan HUT DKI Jakarta itu akan dimulai pukul 18.00 WIB hingga selesai. Ada berbagai kegiatan, salah satunya festival musik.

Lebih lanjut, Yusuf menyebut telah menyediakan kantong-kantong parkir untuk masyarakt Jakarta yang datang. Tempat-tempat parkir yang disediakan yakni di sekitar Bundaran HI; dekat Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol; Jalan Sultan Syahrir serta Tanah Abang.

“Sudah kita siapkan semuanya untuk kantong parkir,” tutur Yusuf.

Lebih lanjut, berhubung dengan adanya Festival Malam di Bundaran HI, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan penutupan jalan dan pengalihan arus. Penutupan jalan diterapkan bagi kendaraan yang akan menuju Bundaran HI.

Yusuf merincikan pengalihan arus itu. Pertama, arus lalu lintas dari arah Patung Kuda yang menuju Bundaran HI ditutup di simpang Sarinah. Maka, itu, kendaraan bisa mengarah ke kiri Jalan Sabang atau ke kanan.

“Di simpang Kebon Sirih maupun d simpang Patung Kuda itu sudah kita beritahukan bahwa nanti di Bundaran HI ada kegiatan. Kalau masyarakat pengguna jalan mau ke Sarinah ataupun ke sekitar daerah itu yang tidak ke Bundaran HI masih bisa lewat,” ujar Yusuf.

Kedua, penutupan arus lalu lintas dari arah Semanggi. Pengalihannya, kendaraan diarahkan ke arus di Jalan Teluk Betung yang mengarah ke Grand Indonesia. Di sisi lain, kata Yusuf, pihaknya juga mengalihkan arus lalu lintas yang mengarah ke Dukuh Bawah atau Dukuh Atas. Namun situasional, artinya diterapkan jika terjadi kepadatan yang mengarah ke Bundaran HI.

“Intinya adalah kita melaksanakan pengalihan itu dan masyarakat yang pergi ke Bundarah HI kita sampaikan kepada mereka kalau di sana ada penutupan,” pungkas Yusuf.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait