7 Sekat Ruangan Kreatif yang Nggak Ribet dan Irit!

Tandaseru – Setiap ruang dalam hunian tak harus selalu dipisahkan tembok. Sehingga dibutuhkan sekat-sekat ruangan agar tetap terkesan menyatu dan lebih luas. Sekat ruangan kreatif pun harus dipikirkan oleh si penghuni rumah atau desainer interior rumah.

Sekat ruang yang tepat tak hanya menjadikan ruangan lebih fungsional namun memiliki nilai tambah dari segi visual.

Kebanyakan orang merancang sekat ruangan dengan menggunakan material mahal seperti kaca, besi, atau yang lainnya.

Namun kini tak perlu khawatir karena sekat ruangan yang estetis dan indah bisa dihadirkan dengan biaya yang irit.

Tinggal bagaimana Anda menuangkan ide dan kreativitas, inilah 7 desain sekat ruangan yang bisa dipilih.

Sekat ruangan kreatif yang natural dengan dahan pohon

Dahan dan ranting pohon bisa disulap kreatif menjadi sekat ruang yang menarik. Dengan menyusun rapat dahan-dahan ramping pada pot tanaman panjang sehingga memberikan kesan lebih privat antar ruang.

Jika ingin lebih terbuka, manfaatkan dahan pohon yang lebih besar, lalu menatanya lebih longgar. Sekat ruangan seperti ini bisa jadi pilihan untuk ruangan yang memiliki gaya natural.

Berikan lampu atau pencahayaan dari bagian bawah, sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis karena formasi organik dari dahan pohon.

Kreasikan potongan pipa paralon untuk sekat ruangan

Sekat ruang rendah budget juga bisa didapatkan dengan mengkreasikan potongan pipa paralon. Gunakan potongan pipa paralon berdiameter kecil.

Sementara potongan pipa paralon berdiameter besar bisa digunakan untuk sekat ruangan yang lebih terbuka, misalnya di kamar mandi.

Mengkombinasikan berbagai ukuran pipa paralon bisa menghadirkan sekat ruangan yang modern dan dinamis. Sekat ini sangat mudah dibuat dan tentunya tak memerlukan biaya yang banyak.

Sekat ruangan dari tanaman gantung

Suasana segar pada ruangan akan terasa jika sekat dibuat dari taman vertikal atau tanaman gantung, tentu sekat ruang menjadi terlhat menarik.

Gunakan pipa atau tambang untuk menahan pot panjang tanaman. Untuk sekat ruang yang lebih privat, Anda bisa memanfaatkan tanaman rambat sehingga daunnya bisa menjadi sekat ruang yang lebih tertutup.

Daur ulang panel papan kayu menjadi sekat ruang

Bahan panel papan kayu yang sudah tak terpakai bisa bikin irit budget Anda nih. Dengan cara menyusun panel secara zigzag dengan menyambungkannya menggunakan engsel.

Setelah panel papan kayu bisa berdiri tegak, And bisa langsung manfaatkan sebagai sekat ruang. Berikan penggantung agar bisa memajang hiasan dinding atau foto-foto keluarga.

Tirai dekoratif sebagai sekat ruang fleksibel

Memisahkan fungsi ruang dengan cara sederhana adalah dengan memanfaatkan tirai dan gorden sebagai sekat ruang.

Kombinasikan warna serta lapisan tirai, dari segi warna tirai, tirai transparan atau tirai berpola.

Tujuannya agar bisa menghadirkan sekat ruangan yang tetap terlihat mewah meski tak menguras biaya. Sekat ruangan seperti ini juga membuat ruangan terlihat luas.

Partisi dari bingkai jendela bekas

Bingkai jendela yang tak terpakai bisa dikreasikakan menjadi sekat ruang. Sekat ruang ini memberikan kesan terbuka namun tetap memberi batas dari fungsi setiap ruang.

Anda juga bisa membiarkan warna dan tekstur asli dari bingkai jendela untuk memberikan kesan rustic.

Namun jika kesan rustic tidak cocok dengan interior ruang, Anda bisa cat sekat ruangan ini dengan warna yang sesuai dengan gaya interior hunian Anda.

Abadikan memori menjadi sekat ruang

Dan yang terakhir, manfaatkan foto bersama keluarga menjadi sekat ruangan kreatif dengan menyatukan bingkai-bingkai foto dengan rangka besi atau kayu.

Selain terlihat lebih artistik dan estetis, kehadiran kolase bingkai foto-foto ini tentu akan membuat ruang di dalam rumah terkesan lebih homey.

Anda bisa memberikan engsel putar sehingga bingkai-bingkai foto tersebut bisa diputar sesuai arah. Cetak juga foto dalam warna senada seperti hitam putih atau sephia.

Itulah 7 sekat ruangan kreatif yang keren dan bisa menghemat bugdet Anda. Dengan kreativitas tingkat tinggi, maka Anda bisa mengubah barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -