7 Tips Mudah Merawat Kamera DSLR Agar Tetap Awet

TandaseruKamera DSLR tentu sudah tidak asing lagi untuk Anda pecinta fotografi. Memiliki kamera DSLR, berarti Anda juga harus siap dengan semua perawatannya. Perhatikan cara merawat kamera DSLR ini agar tetap awet.

Saat ini semakin banyak yang hobi fotografi, terbukti semakin banyak pula kaum millenial yang membawa kamera kemana-mana.

Bagi Anda fotografer pemula, memiliki kamera DSLR membutuhkan perawatan yang ekstra. Hal ini dikarenakan jenis kamera tersebut memiliki komponen-komponen yang sensitif.

Berikut ini 7 cara merawat kamera DSLR:

Jauhkan kamera dari air, juga termasuk tips merawat kamera DSLR

Meskipun kamera DSLR Anda diklaim waterproof atau weather sealed, namun ada baiknya Anda tetap menjauhkan kamera dari air.

Sebab air yang masuk ke dalam kamera dapat merusak komponen internal yang ada pada kamera Anda. Selain itu, air yang mengendap juga bisa berubah menjadi embun dila dibiarkan terlalu lama.

Nah apabila kamera DSLR Anda terlanjur terkena air, cara membersihkan lensanya dengan menggunakan cleaning kit yang merupakan alat pembersih khusus kamera agar tidak jamuran dan berdebu.

Menggunakan tas kamera

Jika Anda membawa kamera untuk hunting foto, ada baiknya Anda juga menggunakan tas khusus kamera DSLR.

Sebab tas khusus ini dilengkapi dengan bahan yang empuk berfungsi untuk menjaga kamera dari segala benturan.

Tas khusus ini juga membagi ruang untuk menyimpan lensa, filter, charger dan perlengkapan lain yang mendukung aktivitas fotografi Anda.

Lengkapi LCD kamera dengan pelindung layar

Mirip dengan smartphone, cara merawat kamera DSLR juga bisa dengan memasangkan screen guard atau pelindung layar yang berfungsi untuk menjaga layar agar tidak tergores dengan sidik jari, bahkan terlindung dari air dan debu.

Pasang filter pada lensa kamera

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat kamera DSLR, yaitu dengan memasang UV Filter pada lensa Anda.

Anda tak perlu khawatir pemasangan filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas bidikan foto kok.

UV filter ini akan menjaga lensa Anda dari pengaruh sinar matahari yang dapat mencegah debu dan kotoran lain menempel di lensa.

Perawatan baterai

Baterai yang digunakan pada kamera biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Jika sudah melewati 500 kali charging, biasanya daya baterai akan menurun.

Untuk cara mearawat baterai kamera DSLR ini Anda harus menyimpannya diruangan yang bersuhu 43 derajat agar tetap awet.

Bersihkan body secara berkala

Perawat kamera tidak hanya terpaku pada lensa. Anda juga harus membersihkan body kamera dengan cairan khusus pembersih kamera.

Caranya dengan mengaplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu oleskan kain tersebut ke seluruh body kamera.

Simpan dalam dry box

Ada baiknya Anda menyimpan kamera DSLR ke dalam dry box. Pasalnya dry box akan melindungi kamera dari perubahan yang ekstrem.

Selain itu, kotak ini juga akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban (jamuran) yang dapat merusak komponen kamera.

Jadi itulah 7 cara merawat kamera DSLR agar tetap awet dan bersih. Perawatannya tergolong mudah kan? Selamat mencoba.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait