Luar Biasa, 4 Al Quran Terindah Se-Indonesia ini Bikin Banyak Orang Takjub!

Tandaseru – Al Quran merupakan kitab umat Islam yang punya keistimewaan luar biasa. Selain memang istimewa, ada beberapa jenis Al Quran terindah di Indonesia yang dibuat khusus dengan bahan tertentu!

Kitab yang diturunkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut memang mengajarkan banyak hal terutama bagaimana seharusnya manusia bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

Namun di balik itu semua, Al Quran ternyata memiliki keunikan lainnya yang cukup banyak ditemukan di Indonesia, bahkan dianggap sebagai Al Quran dengan tampilan tercantik, mau tahu?

Al-Quran mini bertinta emas jadi salah satu Al Quran terindah di Indonesia loh!

Di Indonesia ternyata ada Al Quran yang punya ukuran sangat kecil, yaitu sebesar 3×2 cm yang berada di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Kitab suci yang unik tersebut dimiliki oleh Asrul keturunan dari beberapa generasi yang memang mendapat warisan berupa Al Quran tersebut.

Mushaf itu mempunyai 114 surah dan 30 juz, lalu seluruh ayatnya ditulis memakai tinta yang juga unik yaitu tinta berwarna emas.

Al Quran marmer

Al Quran lainnya yang tak kalah unik ini berada di Jawa Tengah, tepatnya berada di Masjid Al-Muhtarom, Kabupaten Pekalongan.

Keunikannya terletak pada material untuk mencetak tulisan tersebut, yaitu pada sebuah marmer yang dibuat oleh pengerajin prasasti Hidaya Siba asal Kota Kajen.

Walaupun hanya terdiri dari 8 juz, Hidaya berjanji akan melengkapi Al Quran marmer tersebut sampai memecahkan rekor sebagai kitab terberat yang ada di dunia.

Al Quran terbesar tulisan tangan

Di Indonesia juga punya Al Quran terbesar, salah satunya Mushaf Akbar Wonosobo. Bukan sekedar besar, kitab tersebut unik dan eksklusif lantaran tulisannya yang ditulis menggunakan tangan.

Hayatudin yang dibantu rekannya Anas sebagai penghias mushaf yang mengerjakan kitab suci tersebut jadi menakjubkan dan indah.

Al Quran ukiran kayu

Mushaf yang terakhir ini terbuat dari bilah-bilah kayu yang berukuran 177×140 cm. Yang membuat Al Quran satu ini menakjubkan, karena membuatnya dengan cara dipahat pada kayu.

Waktu pembuatannya pun cukup lama, yaitu dimulai pada 2002 sampai 2008. Mushaf-mushaf tersebut pun dapat dilihat di Pesantren Al-Ikhsaniyah, Palembang, Sumatera Selatan.

Memang tidak ada yang menyangka, Al Quran bukan hanya dibuat dari kertas, namun bisa dari media lainnya yang justru membuat Al Quran tersebut nampak menakjubkan. Bagaimana menurut Anda Al Quran terindah di Indonesia di atas?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait