Bikin Salut, 3 Anak Band ini Pilih Pensiun Bermusik Demi Berhijrah!

Tandaseru – Ternyata ada banyak musisi atau anak band yang memilih untuk menghentikan karir bermusiknya untuk fokus dalam berhijrah. Banyak alasan sampai mereka mengambil keputusan besar itu, mau tahu kisah anak band yang pensiun karena agama itu?

Setelah dihimpun dari beragam sumber, memang terdapat sejumlah anak band yang memilih untuk hengkang dari industri musik, agar fokus untuk dirinya lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Jika dihitung mungkin ada belasan musisi, tapi terdapat 3 musisi yang menarik perhatian.

Saktia Ari Seno jadi salah satu anak band yang pensiun karena agama!

Musisi yang memilih untuk berhenti dari Sheila on 7 pada 2006 ini mengganti namanya jadi Salman Al Jugjawy yang artinya “Selamat dari Jogja”.

Sakti pun mengungkapkan nama barunya tersebut diberikan oleh kyai yang mengajarkannya.

Kabarnya, awal keputusan Sakti untuk pergi dari band yang membesarkan namanya itu setelah konser Soundrenaline di Surabaya pada 2004 lalu.

Saat dirinya pulang kampung ke Yogyakarta, dia terkejut saat ibunya berada di rumah sakit. Dia pun terketuk serta merenung, merasa sangat bersalah karena terlalu sibuk dengan karier bermusiknya.

Sekalipun masih terus mendalami ilmu agama, Salman tetap bermusik dengan merilis album religi “Selamatkan” lewat label miliknya Al Jugjawy Records pada 2010.

Pada 2013, Salman pun merilis album re-package “Islam Itu Indah” dengan single berjudul sama yang dibawakan bersama Yudan.

Rizki Fahdli alias Lowp

Lowp memutuskan untuk keluar dari Rocket Rockers tepatnya pada 22 Mei 2018 lalu. Bukan hanya memperkaya diri dengan ilmu agama, Lowp juga merasa terdapat banyak hal yang berbenturan ketika musik dikaitkan dengan agama.

Dia pun memerhatikan kondisi keluarga, yaitu istri yang sedang mengandung serta ibunya yang mulai sering sakit.

Lowp juga mengatakan pengalaman spiritual itu berbeda-beda. Bukan hanya benturan itu saja, kondisi keluarga pun jadi salah satu perhitungannya.

Dia pun mengaku tidak mungkin meninggalkan istrinya yang sedang mengandung untuk pergi tur sepuluh hari, sebab jadwal Rocket Rockers ke depannya akan padat.

Belum lagi ibunya yang kerap sakit. Memang rencana untuk pensiun sebagai gitaris sudah sejak awal 2018.

Tapi sebelum memutuskan berhenti, Lowp telah merambah dunia wirausaha sebagai pedagang pempek Lopek melalui sistem titip jual di warung, kafe serta membuka rumah makan pempek di rumahnya.

Ilsyah Ryan Reza

Anak band lainnya yang memilih pensiun berasal dari grup band Noah, Reza pada posisi penabuh drum itu memilih mendalami agama sejak 2010.

Puncak keputusannya pada 2014 lalu, saat dia secara resmi mengumumkan keluar dari posisinya sebagai drummer Noah.

Dia mengaku sedang mencoba untuk hidup lurus, karena selama ini dirinya merasa hidup dalam hingar-bingar dan saat inilah dia membutuhkan perubahan.

Hal itu menurutnya sejalan dengan perkataan Nabi Muhammad SAW, jika ada orang yang umurnya (sewaktu) muda nakal dan sebagainya, maka di umur 40 harus berubah.

Dengan begitu, dirinya berniat sebelum umur 40 dia harus berubah. “Saya pikir udah saatnya. Semua jiwa dan dunia ini bergantung sama Allah,” imbuh Reza.

Keputusannya itu mungkin membuat penggemar Noah sedikit bertanya-tanya, karena Reza adalah salah satu personil Noah sejak formasi awal masih bernama Peterpan pada 2001.

Itulah sejumlah anak band yang pensiun karena agama dan membuat banyak orang salut dengan pilihannya berhijrah.

Kumpulan Berita Terkait