Anggota LHKI PP Muhammadiyah: Gagasan Amien Rais Inkonstitusional

Tandaseru – Mantan Ketua MPR Amien Rais mengancam akan mengerahkan massa (people power) menggeruduk KPU jika terjadi kecurangan pemilu. Amien mengatakannya saat berorasi di acara aksi 313 di depan Kantor KPU, Jakarta Pusat, Minggu (31/3).

“Jika terjadi kecurangan pemilu, jangan dibawa ke MK, tapi kita akan kerahkan people power ke KPU,” tegas Amien.

Menanggapi hal itu, anggota Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional (LHKI) PP Muhammadiyah, Hery Sucipto, menyebutkan gagasan Amien itu sebagai  inkonstitusional.

“Gagasan Pak Amien itu tidak masuk akal dan inkonstitusional. Sangat disayangkan statemen itu justru keluar dari salah satu tokoh reformasi tersebut,” ujar Hery.

Dia melihat, pernyataan mantan Ketua PP Muhammadiyah itu sebagai bentuk provokasi kepada rakyat. Dengan pernyataan itu, rakyat, terutama pendukung paslon 02, bisa saja berbuat anarkhi ketika  mereka kalah.

“Sengketa pemilu sudah ada wadahnya, salurannya, yakni Mahkamah Konstitusi (MK). Bukan dengan cara menggeruduk KPU. Itu bentuk teror dan tindakan illegal,” katanya.

Pihaknya meminta kepada publik untuk tidak terpancing dan terprovokasi oleh statemen mantan Ketua Umum PAN tersebut. Ia menghimbau, serahkan masalah pemilu kepada pihak yang menangani sesuai amanat UU, yakni KPU, Bawaslu, dan lainnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait