Jangan Pakai Tusuk Gigi Usai Makan, Berbahaya Loh!

Tandaseru – Pernah menggunakan tusuk gigi? Mungkin ada banyak orang yang menggunakan tusuk gigi usai makan untuk mengambil sisa makanan yang terselip, tapi apa bahaya pakai tusuk gigi?

Memang kadang saat makan, tak sengaja makanan tersangkut atau terselip pada sela-sela gigi dan membuat rasa yang tak nyaman pada mulut.

Jika sudah seperti itu, maka secara otomatis Anda akan mencari benda yang dapat membantu mengeluarkan sisa makanan yang tersangkut di gigi tersebut.

Pilihan yang paling umum dan sering jadi andalan untuk digunakan adalah tusuk gigi. Tapi ternyata ada bahaya yang tersimpan di balik fungsi yang sangat membantu itu loh.

Apa bahaya pakai tusuk gigi sebenarnya untuk kesehatan?

Ada seorang dokter gigi spesialis periodonsia, drg Dedy Y Rismanto, mengungkapkan bahwa banyak orang yang salah kaprah tentang cara pemakaian tusuk gigi.

Ternyata, tusuk gigi tercipta untuk alat bantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang tersangkut dengan bantuan tangan orang lain bukan dilakukan secara mandiri.

Hal tersebut seperti dilansir dari vemale.com, tusuk gigi itu bahaya dan mampu melukai gusi saat digunakan sendiri. Jadi saat mulut terluka, luka tersebutlah yang nantinya akan jadi jalan masuk bagi kuman.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Dokter Dedy pun lebih menyarankan untuk menggunakan benang gigi daripada harus memakai tusuk gigi jika ingin menggunakan sendiri.

Tapi saat tersedia tusuk gigi yang lebih fleksibel, tidak kaku dan tajam yang tidak mudah melukai, maka itu dapat digunakan tanpa pertolongan orang lain karena tak bahaya.

Jadi sebaiknya, saat Anda punya kebiasaan untuk menggunakan tusuk gigi usai mengonsumsi sesuatu, sediakanlah tusuk gigi yang tidak sekali pakai sendiri dengan ketentuan seperti di atas.

Hal itu menghidari dari bahaya dan mengurangi risiko melukai gusi dengan tusuk gigi, tapi jika tak ada tusuk gigi yang sesuai, mintalah bantuan orang lain seperti saudara atau anggota keluarga Anda yang lain untuk membersihkannya.

Nah, sudah tahu kan sekarang apa bahaya pakai tusuk gigi? Tapi jika repot benang gigi juga jadi salah satu solusi yang lebih aman karena punya tekstur lebih halus.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait