Apresiasi Lima Pimpinan KPK, PDIP: Saatnya Buktikan Kerja

Tandaseru – PDI Perjuangan memberikan apresiasi penuh seluruh proses penjaringan pimpinan KPK, sehingga terpilih lima orang pimpinan KPK periode 2019-2023.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut kini saatnya para pimpinan bekerja, dan membuktikan diri meraih kepercayaan masyarakat.

“Kami memberikan apresiasi kepada pimpinan yang terpilih,” kata Hasto dalam keterangannya, Jumat (13/9).

Pimpinan KPK, kata dia, punya tugas menghapus keraguan publik. Banyak hal yang mesti dilakukan para pimpinan.

“Harus melakukan pencegahan, melakukan edukasi dan sinergi dengan seluruh penegak hukum guna bersama-sama perangi korupsi,” kata Hasto.

PDIP, kata dia, memahami dalam proses seleksi tentu terjadi pro dan kontra Terpenting, kata dia, adalah pembuktian bahwa tuduhan miring takkan terbukti lewat kinerja yang baik.

Hasto juga berharap seluruh jajaran pimpinan KPK dapat mengedepankan kinerja pencegahan yang didasarkan prinsip keadilan. Serta yang penting adalah ketaatan kepada seluruh mekanisme hukum.

“Tidak boleh lagi ada kasus-kasus penetapan tersangka bertahun-tahun, tanpa ada sebuah kejelasan terhadap mekanisme hukumnya,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Komisi III DPR rampung melakukan uji kelayakan terhadap 10 calon pimpinan KPK yang disodorkan Presiden Joko Widodo. Dalam uji kelayakan tersebut, DPR langsung mengumumkan lima nama pimpinan yang akan memimpin KPK periode 2019-2023.

Ada lima nama yang dipilih DPR pada Jumat (13/9) dini hari tersebut. Kelima nama itu adalah Firli Bahuri Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango dan Lili Pintauli Siregar.

Dalam perolehan suara, Firli meraih 56 suara, unggul dari Alezander Marwata di peringkat kedua dengan 53 suara. Sementara itu hasil voting untuk pimpinan ketiga yakni Nurul Ghufron dengan 51 suara, Nawawi 50 suara, dan terakhir Lili Pantauli dengan raihan 44 suara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait