Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Arab Saudi Larang Jamaah Foto-foto di depan Kabah

MEKAH (!) – Badan Layanan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Arab saudi mendesak kepada seluruh jamaah dan peziarah agar tidak berswafoto (selfie) di depan Kabah maupun Masjidil Haram.

Bagi mereka yang ingin berfoto harus mendapatkan izin resmi dari otoritas setempat.

Mengutip situs Arabnews, Sabtu (30/12), Mashhour Al-Mun’emi, selaku wakil asisten Badan Layanan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, mengatakan, jamaah diminta untuk berkonsentrasi melakukan ibadah ketimbang berfoto ria.

Sementara itu, Atiah Al-Youssefi, seorang guru besar Hukum Islam, mengatakan bahwa tujuan melarang foto-foto di Masjidil Haram adalah sebenarnya mengingatkan jamaah agar berhenti membuang waktu mencari sudut yang sempurna hanya untuk selfie maupun merekam video.

“Ini bisa mengganggu ibadah para peziarah yang lain,” kata Atiah, menegaskan.

Ia juga mengungkapkan, pergerakan kerumunan sangat dipengaruhi oleh aksi selfie, karena kalau saja ada jamaah berhenti sejenak untuk mengambil gambar, misalnya, maka jamaah dibelakangnya akan ikut terdampak.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengeluarkan surat edaran ke semua kantor dan biro haji dan umrah untuk meningkatkan kesadaran para peziarah tentang pentingnya mematuhi instruksi yang melarang foto-foto di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Anda mungkin juga berminat