Arti Teman yang Baik

Saat di taman kanak-kanak, gagasan kita tentang teman yang baik adalah orang yang membiarkan Anda memiliki krayon warna merah ketika yang tersisa hanyalah yang hitam jelek.

Di sekolah dasar, ide kita tentang teman yang baik adalah orang yang pergi menemani kita ke kamar mandi yang gelap, memegang tangan Anda saat berjalan melewati aula yang menakutkan, berbagi makan siang yang lezat atau orang yang membiarkan Anda menyalin tugas pekerjaan rumah yang lupa Anda kerjakan.

Di sekolah menengah, pengertian kita tentang teman yang baik adalah orang yang membantu Anda mengepak pakaian sepak bola, menemani datang apel ke rumah pacar atau orang yang bersedia berbohong untuk meyakinkan guru bahwa Anda tidak bersalah sehingga terhindar dari hukuman.

Di sekolah menengah atas definisi kita tentang teman yang baik adalah orang yang membantu Anda memilih jurusan masuk ke perguruan tinggi, menemani Anda kemping di alam bebas dan mendaki gunung, membantu Anda memberikan alibi kepada pacar Anda yang kepo, atau membantu menjernihkan kesalahan Anda sehingga menjadi orang yang lebih baik.

Ingatlah ke mana pun kita pergi atau menjadi siapa kita, jangan pernah lupa siapa yang telah membantu kita sehingga bisa sampai di sana.

Di perguruan tinggi arti teman yang baik adalah orang yang bersedia meminjamkan uang di saat kita sedang kepepet bayar kos atau uang sekolah, orang yang bersedia meminjamkan motor atau mobilnya atau orang yang menemani serta mendukung Anda mencari pekerjaan setelah letih berdebat sebagai aktivis mahasiswa.

Di dunia kerja, ternyata teman yang baik adalah orang yang mendukung program kerja Anda dengan sepenuh hati, orang yang percaya bahwa Anda akan melakukan hal yang terbaik untuk kepentingan bersama, orang yang senantiasa berbagi nasihat dan kebaikan di kala suka dan duka atau orang yang suasana batinnya terasa demikian berat saat harus berpisah dengan rekannya yang lain.

Sampaikan ini kepada teman baik Anda di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang serta orang-orang yang telah Anda temui di sepanjang jalan kehidupan. Ingatlah ke mana pun kita pergi atau menjadi siapa kita, jangan pernah lupa siapa yang telah membantu kita sehingga bisa sampai di sana.

Kehidupan ini hanya sebentar, semoga Anda bisa menjadi seorang teman yang baik bagi orang lain. Tidak pernah ada waktu yang salah untuk mengangkat telepon atau mengirim pesan kepada teman-teman Anda, betapa Anda merindukan mereka, betapa Anda mencintai mereka. Dan tidak lupa ucapkan terima kasih karena telah menjadi teman yang baik…

Penulis Buku Membangun SDM Indonesia Emas dan Tenang Aja

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait