Minyak Goreng Tak Baik Dipakai Berulang-Ulang, Berapa Kali Sebaiknya?

Tandaseru – Semakin sering minyak digunakan, maka semakin banyak kandungan senyawa berbahaya yang bisa merusak kesehatan makanan. Namun, tahukah Anda berapa kali sebaiknya aturan memakai minyak goreng?

Penting bagi kita untuk mengetahui hal ini, kita harus lebih cerdas dalam menggunakan minyak goreng. Tentu saja hal ini untuk kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Hindari penggunaan minyak goreng yang sudah berulang kali dipakai karena hal ini bisa menyebabkan minyak mengandung kolesterol jahat lebih banyak.

Seperti dilansir dari laman boldsky.com, pemakaian minyak goreng berulang kali hingga berwarna cokelat bahkan hitam pekat bisa mengganggu kesehatan.

Minyak goreng yang berwarna hitam pekat bisa memiliki kandungan lemak jenuh lebih banyak. Kemungkinan besar bisa menjadi lahan tumbuhnya bakteri, virus maupun penyakit berbahaya.

Menurut para ahli, penyakit seperti kanker, tumor dan penyakit degeneratif lainnya bisa menyerang tubuh lantaran kebiasaan menggunakan minyak goreng berulang kali.

Para ilmuwan di United State Department of Agriculture (USDA) menunjukkan bahwa minyak yang telah berubah warna, aroma dan rasa, telah mengandung berbagai senyawa yang berbahaya buat kesehatan.

Sebaiknya, minyak goreng tidak digunakan lebih dari 3 kali. Apabila sudah tiga kali digunakan atau saat minyak berubah aroma hingga warna maka sudah sebaiknya minyak dibuang.

Jika tidak mau dibuang, solusi lainnya bisa dimanfaatkan pada hal lain asal tidak untuk dikonsumsi.

Nah, sekarang sudah tahu kan aturan memakai minyak goreng yang tepat. Semakin bijak Anda dalam memasak, maka akan semakin menghasilkan makanan sehat dan bermanfaat untuk kesehatan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -