Waspada, Topan Terkuat Diprediksi Akan Terjang Asia Tenggara Loh!

Tandaseru – Apapun bentuk bencana alam pasti menyeramkan, salah satu yang perlu di waspadai yaitu prediksi badai Mangkhut akan terjang Asia Tenggara, termasuk Indonesia loh!

Badai Mangkhut merupakan topan terkuat yang mampu memporak porandakan suatu wilayah, bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun telah mengeluarkan peringatan dini tentang topan tersebut 4 September lalu.

Diprediksi Mangkhut akan melalui wilayah tanah air, bahkan citra satelit sempat memperlihatkan sejumlah wilayah di dunia akan dilanda sembilan badai secara hampir bersamaan.

Hal tersebut membuat sejumlah wilayah Amerika Serikat, mewajibkan jutaan warganya untuk mengungsi untuk keselamatan mereka.

Untuk siklon tropis Mangkhut BMKG memberi peringatan dapat terjadi pada wilayah timur Indonesia yaitu di Papua barat, Maluku utara, dan Sulawesi utara.

Untuk tanda-tandanya yang bisa dikenali yaitu adanya gelombang laut yang meninggi, hujan lebat dan angin kencang.

Citra Satelit dari BBC

Badai Mangkhut akan terjang Asia Tenggara, jadi Indonesia tak sendiri!

Badai Mangkhut yang memiliki kecepatan angin maksimum mencapai 105 knot itu berembus menuju Filipina. Angin kencang serta hujan lebat diperkirakan akan menerjang negara tersebut pada akhir pekan seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

Ribuan warga dievakuasi oleh Pemerintah Filipina dan mempersiapkan makanan serta alat penyelamatan juga dana siaga sebesar 1,7Miliar peso atau setara dengan USD31,5Juta.

Bukan hanya Filipina, Taiwan, Hongkong dan China Selatan juga akan merasakan dampak. Observatorium Hong Kong pun mengungkapkan badai tersebut masuk klasifikasi topan super dengan kekuatan angin sampai 250 kilometer atau 155 mil per jam!

Apa dampaknya badai tersebut?

Tentu ada banyak dampaknya, topan yang melalui Filipina disebut bisa mengancam lahan pertanian beras serta jagung masyarakat pada daerah Luzon Utara.

Badai tersebut pun mampu sebabkan kerugian sebesar 13,5Miliar peso, parahnya lagi badai mampu ikut mendorong terjadinya inflasi sebanyak 6,4 persen.

Untuk Indonesia, akan terdampak cuaca ekstrim di beberapa daerah, mulai dari angin kencang yang disertai petir dan kilat, bahkan hujan lebat selama beberapa hari.

Citra Satelit dari Deadline News

Sembilan badai dalam waktu hampir bersamaan!

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ternyata badai yang akan dihadapi dunia bukan hanya Mangkhut. Karena setelah ada pemberitaan badai Florence di daerah Amerika Serikat, lalu disusul badai Mangkhut di Asia Tenggara, maka jika ditotal ada sembilan badai aktif yang tertangkap satelit.

Badai berpusat pada Samudera Atlantik dan Pasifik. Laporan Jamaica Weather menyebutkan, pekan ini bisa dibilang akan jadi pekan terburuk, saat dilihat dari badai yang akan terjadi di beberapa titik.

Ahli badai pun mengatakan hal tersebut sebagai fenomena unik, pasalnya sangat jarang peristiwa alam yang datang hampir bersamaan.

Nah, saat sudah tahu badai Mangkhut akan terjang Asia Tenggara sebaiknya hindari dahulu daerah yang dekat dengan pantai atau laut serta selalu berhati-hati.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -