Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Bahaya, Bayi Nggak Boleh Mandi Keseringan!

JAKARTA (!) – Ternyata bayi tidak perlu terlalu sering dimandikan. Keseringan memandikan bayi yang baru lahir akan membuat kulit mereka kering bahkan iritasi!

Bayi yang baru lahir tidak perlu sering dimandikan semenjak dia belum bisa merangkak. Jadi disarankan memandikan bayi 3 kali dalam seminggu selama tahun pertamanya.

Sedangkan, menyeka atau mencuci muka, leher, tangan, bagian kemaluan serta bokongnya harus setiap hari.

Kulit bayi lebih sensitif, kenapa ya?

Ternyata kulit bayi itu lebih tipis serta rapuh dari orang dewasa. Maka dari itu para bayi membutuhkan perawatan sangat lembut.

Kulit bayi juga menyerap serta menurunkan kelembaban kulit lebih cepat, yang membuatnya mudah sekali kering.

Ketika bayi masih dalam rahim, pada trimester akhir, kulit bayi dilindungi zat lilin yang disebut vernix. Vernix merupakan lapisan pada kulit bayi yang tebal serta berwarna putih atau putih kekuningan.

Fungsinya melindungi kulit halus dari cairan ketuban. Bisa dibilang, vernix merupakan pelindung kulit bayi dari beragam kondisi.

Setelah lahir, vernix akan berkurang. Di sinilah kulit memerlukan adaptasi karena tidak memiliki pengaman lagi.

Dengan memandikan bayi terlalu sering akan membuat kulitnya yang sedang beradaptasi jadi lebih cepat mengering.

Jadi, caranya mandikan bayi agar kulit tidak cepat kering itu gimana?

Usahakan untuk memandikan bayi kurang dari 10 menit. Karena jika lebih, bayi akan kedinginan dan membuat bayi keriput.

Lalu sebaiknya, jangan biarkan bayi berlama-lama berendam dalam air bersabun. Usai mandi, oleskan pelembab ketika kulit bayi masih lembab dan baru dikeringkan.

Jangan memakaikan lotion dengan cara menggosoknya, tapi dengan menepuk-nepuk perlahan saja. Krim berbasis air atau parafin juga disarankan untuk meningkatkan kelembaban kulit bayi, saat kulit masih kering, oleskan saja 2-4 kali sehari.

Disarankan untuk menggunakan bahan pembersih kulit bayi yang lembut serta tidak punya kandungan banyak sabun.

Hindari juga mandi busa sebab hal tersebut bisa menghilangkan minyak alami kulit. Hindari sabun antibakateri yang kaya wewangian sebab bisa mengiritasi kulit.

Pilih sabun dengan pH netral. Gunakanlah baby oil atau bisa memberi minyak bayi usai badan dikeringkan dengan handuk.

Baby oil yang digunakan juga harus mudah diserap serta ringan. Jika sulit terserap, dan tubuh bayi tetap dalam keadaan berminyak setelah dioleskan, itu akan memudahkan iritasi terjadi. Terutama jika bermukim di tempat yang panas serta bayi cenderung mudah berkeringat.

Jadi, jangan karena alasan rajin, ibu justru melakukan kesalahan dengan memandikan bayi yang baru lahir terlalu sering ya!

Anda mungkin juga berminat