Bamsoet: Pemilu Jangan Jadi Jurang Pemisah

Tandaseru – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua elemen bangsa bekerja sama menciptakan pelaksanaan dan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang kondusif, damai dan aman. Pemilu, kata Bamsoet, merupakan momentum membangun Indonesia terus ke arah yang lebih baik.

“Jangan sampai Pemilu 2019 malah menciptakan jurang permusuhan antar anak bangsa. Sejatinya, Pemilu adalah hajatan kita bersama, sebagai upaya memilih nakhoda yang akan membawa kapal besar Indonesia menuju kemakmuran dan kesejahteraan,” ujar Bamsoet dalam diskusi ‘Dinamika Elektoral Jelang Pilpres dan Pileg Serentak 2019’, di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Bamsoet menuturkan akan banyak tantangan dan dinamika yang dihadapi pada Pemilu 2019. Penyelenggaraan Pileg dan Pilpres yang dilakukan secara bersamaan akan membuat koalisi partai politik dibangun sejak awal.

Baca juga:

Koalisi bukan lagi dibangun karena pragmatisme politik semata, melainkan karena adanya kesadaran dan kesamaan pandangan dalam melihat kemana arah masa depan Indonesia.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini meminta para elite politik tak ikut memprovakasi para pendukungnya melalui hate speech maupun penyebaran berita hoax. Elite politik justru harus memberikan pencerahan sehingga potensi geseken antar pendukung bisa dielakan.

“Para elite politik harus kedepankan kepentingan bangsa dan negara,” tegas Bamsoet.

Kumpulan Berita Terkait