Bantu Pemulihan Psikologis, Kemensos Turunkan Tim LDP di Suteng

Tandaseru – Kementerian Sosial membantu pemulihan aspek psikologis para korban bencana dan tsunami di Sulawesi Tengah terutama klaster rentan, yakni penyandang disabilitas, anak-anak dan lanjut usia.

“Layanan Dampingan Psikososial (LDP) sudah berjalan, tersebar di 10 titik. Sebanyak 15 orang sudah menjalankan tugasnya bersinergi dengan layanan dapur umum,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, Jumat (5/10/2018).

Tim LDP terdiri dari Tim LDP Kemensos, psikolog Universitas Hasanuddin, Tim LDP World Vision Indonesia, psikolog Universitas Maranata Bandung, dan STKS Bandung.

Dijelaskannya Tim LDP juga melakukan pendataan pengungsi berdasarkan usia, jenis kelamin, kategori (kepala keluarga, ibu rumah tangga) dan kelompok rentan di RS Undata, Polda Sulteng, Lapangan Belakang Universitas Tadulako.

Selain itu, Tim LDP melakukan pembagian tugas pemetaan lokasi pengungsi, pendataan korban meninggal, pengolahan data dan menghimpun aduan masyarakat Kementerian Sosial bekerja sama dengan Tim Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Universitas Tadulako, membuka Posko di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara yang terdiri dari klaster pengungsian dan perlindungan sosial, Tim LDP dan Klaster kesehatan

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id