Bawakan Nasi Padang, Prabowo Jenguk Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma di Polda Metro Jaya

Tandaseru – Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto datang ke Polda Metro Jaya pada Senin (20/5) untuk menjenguk tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana yang sudah ditahan dan Lieus Sungkharisma yang masih diperiksa dengan membawa nasi padang.

Pantauan Tandaseru.id, Prabowo datang bersama sejumlah tokoh yakni Dahnil Anzar Sanjuntak, Amien Rais, Neno Warisman, Titiek Soeharto, Fadli Zon, sejumlah purnawirawan seperti Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi, dan Asep Supomo sekitar pukul 21.10 WIB.

“Kita mau jenguk Pak Eggi dan Pak Lieus, bawa nasi padang,” kata Prabowo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (20/5).

Prabowo dengan mengenakan kemeja berwarna putih dan peci hitam melangkah maju ke Direktorat Tahanan dan Barang Bukti dengan membawa beberapa bungkus nasi padang tersebut. Namun, Prabowo tidak diizinkan masuk karena sudah melewati jam besuk.

“(Kenapa tidak dari siang membesuk?) Banyak kegiatan tadi siang. Ini juga sekalian untuk sahur karena Pak Lieus tidak mau makan,” ucapnya.

Tim Advokasi BPN Eggi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan makar pada Selasa, 7 Mei 2019. Penyidik menemukan sejumlah alat bukti yang cukup untuk Eggi, di antaranya, video Eggi yang menyuarakan people power dan bukti pemberitaan di media daring.

Kemudian, pada Selasa, 14 Mei 2019 pukul 23.00 WIB penyidik menahan Eggi. Ia dimasukkan ke dalam ruang tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Metro Jaya. Ia ditahan untuk 20 hari ke depan.

Sementara, Juru Bicara BPN Lieus ditetapkan sebagai tersangka pada Minggu, 19 Mei 2019 malam. Kemudian ditangkap pada Senin, 20 Mei 2019 pukul 05.00 WIB di Apartemen Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Lieus diduga telah melakukan penyebaran berita bohong atau hoaks dan makar. Kini Lieus masih diperiksa peyidik.

Lieus disangkakan melanggar Pasal 14 dan atau Pasal 1 serta Pasal 107 juncto Pasal 110 juncto Pasal 87, dan atau Pasal 163 juncto Pasal 107 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Lieus terancam hukuman 15 tahun penjara hingga seumur hidup.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait