Bawaslu Gandeng PPATK Awasi Sumbangan Kampanye

Tandaseru – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI berencana akan bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Kerja sama kedua lembaga tersebut adalah untuk pengawasan perihal dana kampanye dari partai politik yang menjadi peserta pemilu 2019.

“Terkait pelacakan dan transaksi, non tunai yang bisa dilakukan terkait alat bukti. Apakah sifatnya konfidensial atau bukan,” kata anggota Bawaslu, Moch. Afifudin, saat dikonfirmasi wartawan Kamis (11/10/2018).

Menurut Afifudin, sumbangan dana kampanye dari partai politik terbagi menjadi dua yaitu sumbangan besar dan kecil. Persoalan sumbangan dana kampanye dari partai politik ini kemudian akan ditelusuri pengawasannya oleh Bawaslu.

“Tapi yang pasti misalnya laporan dana kampanye partai ada yang besar sekali, tetapi juga ada yang kecil. Yang besar kira-kira sumbangan nya sudah jelas apa belum. Kalau sudah jelas lalu kemudian asalnya dari mana,” sebutnya.

Hingga demikian, menurutnya pengawasan dilakukan terhadap asal muasal sumbangan dana kampanye oleh partai politik, baik dengan jumlah besar ataupun kecil.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -