Bawaslu Hentikan Laporan Terhadap Menkominfo Soal Ucapan ‘Yang Gaji Kamu Siapa?’

Tandaseru – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan untuk menghentikan laporan yang masuk terhadap Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara soal pernyataan ‘yang gaji kamu siapa?’.

“Status laporan tidak dapat ditindaklanjuti,” dalam keterangan tertulis yang ditandatangani oleh Ketua Bawaslu, Abhan, Sabtu (23/2).

Dalam pemberitahuan, disebutkan laporan Rudiantara tidak bisa dilanjutkan karena tidak memenuhi unsur tindak pidana Pemilihan Umum (Pemilu). Surat putusan ini diberi nomor 12/LP/PP/RI/00.00/II/2019.

“Tidak memenuhi unsur pidana Pemilu,” lanjut isi keterangan itu.

Untuk informasi, pernyataan Rudiantara bermula saat dia meminta pegawainya memilih satu di antara dua desain stiker pada Kamis (31/1). Konteksnya bukan mengenai pilihan pada Pilpres 2019. Melalui voting, sorakan terdengar lebih banyak yang memilih desain nomor 2, yang berwarna putih.

Seorang pegawai yang memilih desain nomor 2 lalu ditanyai alasannya oleh Rudiantara. Pegawai itu lalu memberi jawaban yang mengarah ke Pilpres. Padahal, sebelumnya, Rudiantara menegaskan hal itu tidak terkait dengan Pilpres. Saat pegawainya itu kembali ke tempat, terlontarlah pertanyaan dari Rudiantara ‘yang gaji kamu siapa’.

Atas penyataannya itu, Rudiantara kemudian dilaporkan oleh Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), yang menilai hal itu sebagai pelanggaran pemilu. Selain itu, Rudiantara dianggap telah menggiring opini untuk memilih capres nomor urut 01.

Rudiantara sendiri telah diperiksa oleh Bawaslu pada Senin (18/2). Rudi diperiksa dengan dicecar 30 pertanyaan. Rudi memastikan pernyataannya itu tidak terkait pilpres dan tidak ada niat untuk berkampanye.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait