Bawaslu Temui Kapolri Bahas Anggota Polri Ikut Pilkada 2018

JAKARTA (!) – Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menemui Kepala Kepolisian Republik Indonesi Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian.

Kepala Badan Pegawas Pemilu Abhan menyatakan ada beberapa agenda, salah satunya adalah tentang keikutsertaan anggota Polri di kontes Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2018 yang masih berstatus aktif.

“Saya kira sikap Kapolri tegas, mereka yang mengikuti kontestasi yang memegang jabatan dinonjobkan segera,” kata Abhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (09/01).

Abhan menjelaskan Kapolri sebut mekanisme pengunduran akan diproses segera, karena mekanisme pilkada pengunduran diri setelah penetapan menjadi calon Kepala Daerah di wilayahnya masing-masing.

“Tetapi yang jelas bahwa Polri menjamin netralitas kepolisian,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia H. Muhammad Tito Karnavian telah memutasi para Perwira Menengah (Pamen) yang akan maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018.

Adapun Pamen yang akan maju dalam kontestasi Pilkada 2018 adalah Irjen Pol Safaruddin untuk Pilkada Kalimantan Timur, Irjen Pol Anton Charliyan untuk Pilkada Jawa Barat, Irjen Pol Murad Ismail untuk Pilkada Maluku dan AKBP Marselis Sarimin untuk Pilkada Manggarai Timur. 

Kumpulan Berita Terkait