Bawaslu Temukan Petugas KPPS Belum Lakukan Sumpah di Ciputat

Tandaseru – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Mochammad Afifuddin melakukan supervisi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Nomor 62, di Jalan Cipunegara 6, Komplek Kejaksaan, Cipayung, Ciputat, Banten, pukul 07.00 WIB.

Bersama awak media, kunjungan pertama ini, Afif temukan persoalan teknis yang tidak sesuai.”Ternyata KPPS belum disumpah,” kata Afif di Ciputat, Tanggerang Selatan, Banten, Rabu (17/4).

Sedianya pengawas TPS sudah merekomendasikan untuk pengucapan sumpah. Tapi KPPS bergeming. Setelah Bawaslu mengusulkan, barulah KPPS mengulang pengucapan sumpah sebelum membuka TPS.

Afif mengatakan tertib prosedur itu penting demi menjaga kepercayaan publik pada penyelenggara dan proses pemilu. “Mereka harusnya paham,” sebutnya.

Afif menambahkan, Bawaslu senantiasa mengingatkan betapa pentingnya supervisi. Tujuannya, agar pengawas Pemilu lebih memahami bagaimana kondisi dan situasi di TPS.

“Inilah pentingnya kita (pengawas) datang dan hadir di TPS,” tegas Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait