Jangan Panik! Begini Cara Hadapi Anak Sedang Jatuh Cinta

JAKARTA (!) – Memang menghadapi anak sedang jatuh cinta membuat para orangtua sering kebingungan. Tapi nggak perlu galau, ada kok beberapa cara hadapi anak sedang jatuh cinta!

Anak yang sedang beranjak dewasa biasanya akan mulai mengenal jatuh cinta. Hal tersebut tak lantas membuat para orangtua khawatir. Nyatanya ada beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua untuk hadapi anak sedang jatuh cinta.

Berikan reaksi biasa saja!

Biasanya tanpa disadari orangtua akan memberikan reaksi berlebihan ketika tahu sang anak sedang jatuh cinta, padahal itu akan membuat anak malu, takut atau minder.

Alhasil, mereka akan menutup diri dari orangtuanya. Maka cobalah untuk berperan sebagai sahabatnya dengan sering mengajaknya ngobrol ringan.

Selanjutnya, baru mulai tanyakan orang yang disukainya, dengan begitu anak akan merasa nyaman serta lebih terbuka pada orangtuanya.

Jangan lupa beritahu batasannya!

Ketika anak jatuh cinta pertama kali, pasti mereka akan bingung apa yang boleh dan apa tidak boleh dilakukan.

Maka peran orangtua di sini sangat penting, berilah penjelasan padanya apa saja hal yang diperbolehkan dan yang tidak. Seperti harus bagaimana mereka berinteraksi serta beritahu batas sampai mana kontak fisik yang boleh untuk dilakukan.

Tanamkan juga nilai moral pada sang anak

Memang tidak semua hal akan diceritakan oleh anak, dan jangan sampai memaksanya. Sebab semua orang pasti punya rahasia, begitu pun anak-anak maka hargai rahasia sang anak.

Bagi orangtua yang terpenting adalah selalu memperlihatkan kebaikan agar anak bisa menjadikan orangtuanya sebagai panutan dalam mengelola perasaan cinta.

Jangan lupa untuk tunjukkan pada anak, bahwa rasa cinta yang dimilikinya juga harus diberikan pada orangtua, saudara, tetangga, hewan serta tumbuhan lainnya.

Coba untuk berikan contoh lewat buku atau film

Jika kesulitan untuk menjelaskan hal abstrak seperti cinta pada anak, maka bisa lewat bantuan contoh dari buku atau film.

Carilah buku atau film yang dapat menjelaskan pada anak tentang apa yang dirasakannya. Kemudian, sedapat mungkin dampingi anak ketika membacanya atau menontonnya.

Setelah selesai, coba untuk mengajaknya berdikusi serta pastikan sang anak mampu memetik pelajaran dari apa yang telah dia baca atau tonton.

Jadi, orangtua zaman now nggak perlu panik ketika anak mulai jatuh cinta, berilah dia pengarahan agar rasa cintanya tidak berdampak negatif!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -