Nasi Bakar Isi Ayam ini Cocok Banget Buat Bekal Kerja Suami Loh!

Tandaseru – Menjadi istri pasti ingin membuatkan bekal untuk suami saat bekerja, tapi jika terlalu rumit pastinya tidak mudah basi jika disimpan terlalu lama. Nah, ada kok resep bekal praktis untuk suami berikut ini!

Memang terkadang membuatkan bekal untuk suami itu cukup merepotkan, pasalnya makanan tersebut biasanya tidak langsung disantap di pagi hari, tapi justru untuk suami makan siang.

Agar bekal tersebut tidak berubah rasa, apalagi basi, maka resep nasi bakar isi ayam yang praktis satu ini sangat cocok untuk dicoba.

Bahan membuat bekal praktis untuk suami ini mudah didapat loh!

Siapkan untuk bahan nasi yaitu, 4 centong nasi putih pulen, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk dan 1 batang serai yang dimemarkan.

Lalu siapkan juga bahan isian 300 gr daging ayam, yang direbus dan dicincang atau disuwir, 2 batang daun bawang yang dipotong-potong, 1 genggam kemangi, 1 buah tomat hijau diiris tipis, garam, gula dan merica secukupnya.

Kemudian, bahan untuk bumbu halus yaitu 1 cm kunyit, 1 cm jahe, 1 cm lengkuas, 3 butir kemiri, 4 siung bawang putih, 3 siung bawang merah dan 5 buah cabai rawit secukupnya. Untuk bahan pelengkap siapkan daun pisang secukupnya dan lidi untuk menyematkan.

Untuk memasak nasi bakar juga mudah kok!

Langkah pertama tanaklah nasi menggunakan bumbu sampai matang dan terasa sedap. Selanjutnya, tumislah bumbu halus sampai jadi harum, kemudian masukkan daun salam, jeruk serta serai.

Jika sudah, tumislah semua sampai terasa sedap dan matang sempurna. Setelah itu, masukkan ayam suwir atau yang telah dicincang bersama cabai, tomat dan juga daun bawang.

Kemudian, masaklah bersama bumbu, lalu tambahkan gula, garam serta merica sesuai dengan selera. Masak sampai bumbu meresap sempurna, dan sisihkan setelah matang.

Setelah itu, ambillah daun pisang secukupnya, lalu atur nasi pada daun pisang ketika telah dingin. Lalu, isi dengan ayam bumbu, lalu tambahkan kemangi, dan bungkus rapat.

Lakukan hal yang sama sampai jumlah yang diinginkan, atau bisa sampai semua nasi dan isian habis. Lalu, bakarlah nasi sampai beraroma harum atau hingga daun pisang layu.

Jika sudah selesai, angkat nasi bakar tersebut dan siap deh dijadikan bekal praktis untuk suami tercinta ke kantor atau bisa juga untuk bekal anak sekolah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -