Binmas Polri Bantu Masyarakat Papua Bercocok Tanam

Tandaseru – Kasatgassus Binmas Operasi Papua, Kombes Pol Eko Sudarto menjelaskan berbagai aktivitas dan model pelatihan Binmas Polri dilakukan kepada masyarakat Papua.

Secara umum model pelatihan yang dilaksanakan sebagai penatua kamtibmas, guru pengajar (Polisi Pi Ajar), bidang pertukangan, kemampuan bidang peternakan dan perikana, kemampuan bidang pertanian dan perkebunan (cocok tanam) dan bidang kesehatan.

“Untuk bercocok tanam sudah diimplementasikan sesuai keinginan masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan. Bidang peternakan lebah, peternakan babi, bahkan sudah ada yang berproduksi ternak ayam super,” jelas dia.

Selain itu, Eko mengatakan untuk pengembangan bidang pertanian juga sudah ada yang terimplementasi di daerah Sota Papua perbatasan antara Merauke dengan Papua Nugini.

“Sekarang wilayah disana subur dan dikunjungi banyak orang menjadi sebuah tempat yang menarik,” katanya.

Kemudian, Eko mengatakan Binmas Polri juga sudah banyak menyentuh anak-anak melalui program Binmas sebagai guru pengajar (Polisi Pi Ajar). Menurut dia, Polri menghadirkan ahli pendongeng untuk menghibur anak-anak di Papua.

“Mereka ini merupakan aset bangsa yang terabaikan, karena anak-anak di Papua kebanyakan merupakan korban kekerasan rumah tangga sehingga mereka punya trauma berkepanjangan. Jadi, kami mengajak anak-anak menjadi punya kenangan yang bagus dan indah dengan mendatangkan ahli-ahli bercerita (dongeng),” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id