BNPB Kerahkan Tim Gabungan Tanggulangi Bencana Banjir di Sejumlah Daerah

Tandaseru – Badan Nasional Penananggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan tim gabungan dari unsur BNPB dan beberapa sektor lainnya dalam menanggulangi bencana alam akibat anomali cuaca yang terjadi di beberapa daerah.

Kepala BNPB, Doni Monardo berkomitmen penuh dalam menangani bencana alam tersebut dengan menerjunkan lebih banyak personel gabungan, serta peralatan dan logistik sehingga daerah-daerah yang terdampak bisa mendapat bantuan secara langsung dan menyeluruh.

Bencana yang terjadi di beberapa titik wilayah di Indonesia itu juga memerlukan atensi dan penanganan secara cepat dan tepat. Saat ini bencana banjir melanda wilayah Kota Samarinda Kaltim, Konawe Utara Sultra, Padang Pariaman Sumbar.

“Bencana hari ini ada di puluhan titik. Dengan jumlah tim yang terbatas, kita tidak bisa bekerja sendirian. Oleh karena itu saya minta segenap unsur BNPB segera berkoordinasi dan tentunya nanti saya minta bantuan dari Liaison Officer (LO) dari Angkatan Darat dan Angkatan Udara, agar daerah mendapat atensi secara cepat, menyeluruh dan tepat sasaran”, kata Doni.

BNPB terus melakukan pemantauan dan pengiriman tim reaksi cepat ke lapangan. Saat ini BNPB telah mengerahkan satu helikopter untuk mengevakuasi korban dan untuk distribusi logistik berupa kebutuhan makanan pokok di Konawe Utara.

Selain itu, bantuan dana siap pakai juga telah diberikan kepada pemerintah daerah. BNPB juga mengharap agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat lebih meningkatkan kapasitas dan selalu siaga dalam menghadapi fenomena cuaca tersebut.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait