BPBD Jatim: Ada12 Daerah Memiliki Potensi Ancaman Bencana

Tandaseru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jatim menyebutkan sedikitnya ada sekitar 12 daerah yang memiliki potensi ancaman bencana di Jawa Timur.

Ancaman bencana alam tersebut yakni bencana banjir, gempa bumi, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan dan masih ada lagi sejumlah bencana yang sering terjadi di wilayah Jatim.

Kepala BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono mengatakan daerah yang memiliki rawan bencana itu berada di wilayah selatan Provinsi Jawa Timur.

Untuk itu katanya masyarakat yang ada di kawasan selatan Jawa Timur seperti Malang Selatan, Pantai Pesisir Pacitan, Madura, Jember, Ponorogo, Mojokerto, Banyuwangi dan Bojonwgoro serta Tuban hendaknya selalu waspada dan berhati-hati.

“Khusus masyarakat yang tinggal di wilayah selatan Jawa Timur harus berhati-hati dan selalu waspada, karena kondisi alam di Jatim masih kurang bersahabat,” kata Suban, Rabu (8/8/2018) kepada tandaseru.id

Suban Wahyudiono mengatakan pada Juli 2018 ini, di wilayah selatan Jawa Timur sudah terjadi gempa dengan kekuatan 5,8 SR sebanyak 90 kali, namun kejadian tersebut tak berdampak tsunami.

“Yang paling menonjol musim kemarau tahun ini terjadi kekeringan ekstrem di 199 desa. BPBD Jawa Timur memberikan perhatian khusus pada 199 desa yang saat ini masih dilanda kekeringan” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -