BPBD Jatim Kirim Air Bersih ke 15 Kabupaten Terdampak Kekeringan

SURABAYA (!) – Musim kemarau panjang menyebabkan sebagian besar wilayah Jawa Timur mengalami kekeringan. Provinsi ini memiliki wilayah terdampak kekeringan cukup luas dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

Kekeringan di Jawa Timur terdapat Kabupaten Tuban, Pacitan, Ponorogo, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Nganjuk, Jombang, Trenggalek, Banyuwangi, Mojokerto, dan Bojonegoro.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Sudarmawan mengatakan sudah melakukan antisipasi dengan pengiriman air ke sejumlah kabupaten yang daerahnya mengalami kekeringan.

“Saat ini memang ada 15 kabupaten sudah menyatakan darurat kekeringan sehingga meminta bantuan untuk pengiriman air,” kata Sudarmawan, Rabu(13/9)

Untuk itu, BPBD Jatim bekerjasama dengan PDAM setempat, sehingga bisa dengan mudah saat menyalurkan air bersih ke tempat-tempat yang dilanda kekeringan tersebut.

“Kami melakukan koordinasi dengan kepala daerah yang wilayahnya dilanda kekeringan. Pengiriman air bersih akan dilakukan jika bupati/walikota telah menyampaikan surat pemberitahuan darurat kekeringan di daerahnya,” ujarnya.(arh)

Kumpulan Berita Terkait