Buat Dapur Umum, Kemensos Libatkan Seluruh Dinas Sosial di Sulawesi

Tandaseru –  Kementerian Sosial melibat anggota Tagana, dinas sosial dari berbagai provinsi untuk mengelola dapur umum guna membantu penyediaan makanan setiap harinya bagi korban bencana dan tsunami di Palu serta para relawan.

Dinas sosial yang dilibatkan yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Selain itu juga dilibatkan personel dari dinas sosial Luwuk Utara, Luwuk Timur, Tolitoli, Morowali, Buol, Toraja Utara, Tojo Una Una Utara, dan Poso. Selain itu, ada juga tim medis, BPBD,  dan Satpol PP.

Dapur Umum
Kemensos Dirikan 10 Dapur Umum di Palu (Humas Kemensos)

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat menyebutkan jumlah Tagana yang bertugas sebanyak 353 personel dengan tugas ikut membantu evakuasi korban bencana, distribusi logistik, mengelola dapur umum, melakukanLDP dan pendataan korban bencana.

“Kementerian Sosial juga menyiapkan tenda serba guna, tenda keluarga dan tenda gulung sebanyak 1.054 unit.  Kemudian pendistribusian velbed ke rumah sakit umum sebanyak 40 unit untuk evakuasi korban yang dirujuk ke rumah sakit di Makassar menggunakan pesawat Hercules,” tambahnya.

Harry  menambahkan Kemensos menambah bufferstock terdiri dari mie instant 1.000 dus. Penambahan bufferstock  yang dibawa personel Tagana sebanyak 1.356 paket makanan siap saji. Juga dibagikan perlengkapan keluarga dan anak anak sebanyak 875 paket, dan perlengkapan LDP sebanyak 70 paket.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait