Cahaya Dalam Kabut: Catatan Kerja Kombes Pol Argo Yuwono

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis merotasi sejumlah Pejabat Tinggi (Pati) dan Pejabat Menengah (Pamen) Polri yang tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/3020/XI/KEP/2019.

Dalam surat tersebut Kombes Pol Raden Prabowo dinaikan menjadi Karo Penmas Divisi Humas Polri menggantikan Brigjen Pol Dedi Prasetyo yang menjabat sebagai Karo Binkar SSDM Polri. Dengan naik jabatan ini, pangkat Argo pun akan naik satu tingkat menjadi Brigjen Pol.

Sedangkan jabatan Kabid Humas Polda Metro Jaya yang ditinggalkan Argo akan diisi oleh Kombes Pol Yusri Yunus yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas DivHumas Polri.

Kombes Pol Argo Yuwono lulusan Akpol 1991 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Pria yang lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 51 tahun yang lalu ini merupakan perwira menengah Polri dengan penuh prestasi dengan dituangkan dalam buku catatan karirnya berjudul “Cahaya Dalam Kabut”.

Mengawali karir sebagai Pamapta I Polres Kupang Polda Nusra pada tahun 1992, Argo pun terus melesat hingga mendapatkan kepercayaan sebagai Kaur Bin Ops (KBO) Sat Serse Polres Kupang Polda Nusra pada tahun 1993.

Selanjutnya, dia menjabat sebagai Kasat Serse Polres TTU di Polda Nusra pada tahun 1994. Setahun kemudian, Argo menjabat sebagai Kasat Serse Polres TTU Polda Nusra. Kasat Serse Polres Buleleng Polda Bali juga pernah dijabat oleh Argo.

Argo juga pernah menjabat sebagai Kapuskodal Ops Polres Tabanan Polda Bali pada 1997 dan Kapolsek Denpasar Barat Polresta Denpasar Polda Bali pada tahun 1998. Lalu, dia juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Denpasar Timur Polresta Denpasar Polda Bali pada tahun 1999.

Argo sempat dimutasi PAMA PTIK Lemdiklat Polri pada tahun 1999, setelah itu Argo kembali dipercaya untuk naik jabatan menjadi Kasubag Bin Ops Bag Reserse Eks Dit Serse Polda Sulsel pada 2001. Selanjutnya, Argo juga pernah menjabat sebagai Wakapolres Takalar Polda Sulsel pada 2003.

Masih ditahun yang sama, Argo sempat dimutasi menjadi Pamen PTIK Lemdiklat Polri pada 2003, Gadik Madya Dik Akademik AKPOL Lemdiklat Polri pada 2005, Pamen Polda Kaltim pada 2007, Kasubdit Bin Ops Dit Pol Air Polda Kaltim pada 2008, Kabag Binlat Ro Ops Polda Kaltim pada 2009 dan Kapolres Nunukan Polda Kaltim pada 2010.

Selanjutnya, dia didapuk menjadi Dirtahti Polda Kaltim pada 2011, Kabid Humas Polda Jawa Timur pada 2015, dan terakhir menjadi
Kabid Humas Polda Metro Jaya pada 2016 hingga 2019.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait