Aneh, Cairan Seperti ASI Keluar dari Puting Bayi!

JAKARTA (!) – Melihat gejala aneh pada puting bayi yang tiba-tiba mengeluarkan cairan putih seperti ASI? Kondisi tersebut biasa dikenal dengan galaktorea.

Galaktorea itu apa?

Galaktorea merupakan kondisi yang bisa dialami bayi yang baru lahir atau juga bisa dialami oleh laki-laki dewasa sekalipun. Kondisi semacam ini bukanlah sebuah penyakit, tapi dapat menjadi tanda adanya masalah dalam tubuh.

Apa penyebabnya?

Galaktorea dapat dialami bayi bisa dikarenakan terlalu banyaknya hormon prolaktin, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk memproduksi susu saat bayi dilahirkan.

Bisa juga kondisi kesehatan lain yang dapat menyebabkan puting bayi bisa mengeluarkan cairan mirip susu. Prolaktin sendiri diproduksi oleh kelenjar pituitari manusia, yang terletak di dekat otak. Kelenjar tersebut berukuran sebesar kacang polong di dasar otak manusia. Tugasnya mengeluarkan serta mengatur beberapa hormon dalam tubuh.

Ketika ibu hamil kadar estrogen yang tinggi dapat melewati plasenta ke dalam darah bayi. Hal ini bisa mengakibatkan jaringan payudara bayi membesar, yang mungkin terkait cairan dari puting susu si bayi.

Jika cairan keluar dari puting susu pria atau wanita yang belum pernah melahirkan sebelumnya, maka bisa saja hal ini disebabkan oleh perkembangan tumor di bagian pituari.

Ada pengobatan yang bisa dilakukan?

Sebenarnya kondisi keluarnya cairan dari puting susu bayi dapat hilang dengan sendiri dalam beberapa bulan dan hal tersebut tergolong hal wajar. Namun, jika kondisi seperti itu disebabkan oleh tumor, galaktorea tersebut dapat ditangani dengan obat atau tindakkan operasi.

Walaupun tidak ada penanganan khusus untuk kondisi ini, tapi selama dalam masa penyembuhan sebaiknya hindari beberapa hal. Misalnya, menyentuh area payudara pada bayi, atau menghindari bayi menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Sebisa mungkin juga hindari memijat, memencet atau sengaja mengeluarkan semua cairan dari puting bayi tersebut.

Khawatirnya, hal tersebut justru membuat bakteri dapat masuk dalam kelenjar susu, kemudian menyebabkan mastitis, yaitu sebuah kondisi bakteri masuk dalam payudara melewati kulit atau puting yang pecah atau bisa juga melewati saluran susu pada puting.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -