Camilan Renyah Churros Ubi ala Indonesia, Enaknya Kebangetan

resep-churros-ubi-ala-indonesia-camilan-renyah-yang-enak

Tandaseru – Musim hujan yang hamper setiap hari turun membuat suhu lebih dingin dari biasanya. Saat cuaca dingin seperti ini paling pas makan yang hangat-hangat, kali ini Tandaseru.id akan membahas resep churros ubi ala Indonesia.

Churros sendiri memang camilan yang terkenal di Spanyol dan Perancis, hanya saja akan kita tambah sedikit bahannya menggunakan ubi, sebab itu jadilah churros ala Indonesia.

Camilan hangat dan renyah ini bisa ditemani dengan teh hangat atau hot chocolate agar semakin lezat. Bisa juga dinikmati sebagai camilan saat weekend dengan cuaca mendung seperti ini.

Bahan-bahan resep churros ubi dan alat untuk membuatnya

Bahan utama yang perlu disediakan adalah ubi kuning 150 gram. Lalu tepung terigu protein sedang 200 gram, baking powder 1/2 sendok teh dan margarin 75 gram.

Sediakan juga air 200 ml, telur ukuran besar 3 butir, vanili bubuk 1 sachet kecil, garam 1/4 sendok teh dan gula pasir 1 sendok makan.

Kemudian gula halus dan kayu manis untuk taburan atau coklat leleh untuk celupan.

Siapkan pula alat spuit atau cetakan buttercream cupcakes.

Begini cara membuat churros ubi ala Indonesia yang super enak

Langkah awal yang harus Anda lakukan ialah mengukus ubi hingga matang, lalu haluskan selagi panas dengan garpu. Kemudian ayak tepung terigu dan baking powder .

Selanjutnya, campur air, margarin, garam, gula dan vanili dalam panci. Masak hingga margarin meleleh dan kecilkan api.

Setelah itu, masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk-aduk sampai merata sempurna hingga jadi adonan yang kalis. Jika sudah angkat dan sisihkan.

Biarkan beberapa menit hingga adonan agak hangat, lalu masukkan ubi dan telur satu per satu, sambil di kocok sampai adonan halus dan lembut merata.

Setelah adonan merata, masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang di beri spuit bentuk bunga sesuai selera.

Kemudian panaskan minyak, celup spatula donat ke minyak panas. Spuitkan adonan ke spatula dengan pola melingkar lalu goreng di minyak panas dengan menggunakan api kecil.

Tunggu sampai mengembang dan renyah. Bila tidak ada spatula donat, bisa langsung di spuit ke minyak bentuk panjang-panjang

Setelah kekuningan dan matang, angkat dan tiriskan. Churros ubi ala Indonesia sudah siap dinikmati dengan dicelup ke coklat leleh atau ditaburi gula halus dan kayu manis.

Paling enak disajikan selagi hangat. Bagaimana, tidak sabar membuat resep churros ubi sendiri di rumah? Selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait