Anak Sering Berteriak? Coba Ajarkan Bicara Lembut Agar Lebih Sopan

Tandaseru – Menjadi Orang tua memang hal yang sulit dan menyenangkan. Jika anak lebih sering berteriak apalagi pada orang tua, coba cara ajarkan bicara lembut pada anak!

Pernah melihat anak-anak terutama pada usia balita sering berteriak ketika berbicara? Hal itu umumnya terjadi, apalagi saat bermain dengan teman seusianya.

Dengan terus berteriak, mereka merasa gembira pasalnya bisa dengan mudah mengekspresikan perasaan mereka.

Tapi dengan kebiasaan tersebut, bukan tidak mungkin bisa terus terbawa sampai ke rumah, terutama saat berbicara dengan ibu, terkadang si kecil berteriak dan itu bukanlah hal sopan.

Jadi bagaimana cara ajarkan bicara lembut pada anak?

Memang hal yang menyedihkan jika anak berlaku tidak sopan pada orang tuanya dengan berteriak-teriak saat berbicara.

Akan lebih malu jika anak tersebut memperlakukan orang lain dengan cara tersebut. Jadi untuk mencegah agar buah hati jadi anak yang tak sopan ada beberapa cara yang bisa diajarkan.

Seperti dilansir dari dream, menurut psikolog anak, Katherine Lee mengungkapkan sangat penting untuk mengajarkan anak berbicara menggunakan suara lembut.

Berteriak memang boleh, asalkan kondisi dan situasinya tepat. Si kecil harus mampu menurunkan level suaranya saat waktu tertentu. Peran orang tua sangat penting dalam hal ini.

Caranya dengan memberi contoh langsung. Dengan ibu yang berbicara dalam suara yang lembut dan jelas saat bersama anak membuat anak menirukannya.

Saat jarak anatara Anda dan anak terlalu jauh, jangan segan untuk mendekatinya agar ucapannya lebih jelas. Maka anak bisa secara langsung memahami kebiasaan yang ditularkan dari orang tuannya tersebut.

Perlu adanya kesabaran ekstra!

Mengajarkan seorang anak untuk jadi sopan dengan menurunkan volume suara saja Anda sudah kesal bagaimana mengajarkan sopan santun lainnya seperti mlaku bungkuk misalnya?

Jadi agar sang anak dinilai sopan dan lebih diterima dalam lingkungan sekitarnya. Para orang tua perlu kesabaran yang ekstra.

Kebiasaan yang baik dan diulang setiap hari seperti berbicara dengan memakai suara lembut, maka anak bisa mengikutinya dan merekam memori tersebut dengan baik pula.

Jangan dahulu kesal saat anak hanya mencoba hal yang Anda ajarkan sesekali saja, karena proses belajar memang tak ada yang instan bukan?

Mampu mengendalikan suara, maka dia bisa belajar tata krama dan kesopanan. Jangan lupa juga untuk selalu mengingatkan si kecil menghindari berteriak di tempat umum seperti rumah ibadah, rumah sakit, atau lokasi wisata.

Jadi sudah tahu sekarang cara ajarkan bicara lembut pada anak?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait