Jangan Khawatir Mom, Begini Cara Atasi Anak Pilih-pilih Makanan!

Tandaseru – Merawat anak tentu menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan, apalagi jika anak tak mau makan asupan sehat. Tapi tenang, ada kok cara atasi anak pilih-pilih makanan!

Memiliki anak tentu menyenangkan, apalagi jika buah hati beranjak menjadi sosok yang energik dan sehat. Tapi bagaimana jika anak menolak untuk mengonsumsi beberapa makanan?

Jika biasanya anak suka beragam menu makanan dan mudah untuk memberikan asupan jenis apapun, kemudian tiba-tiba jadi pemilih soal makan alias picky eater, tentu mengkhawatirkan.

Sebelum tahu cara atasi anak pilih-pilih makanan, pahami dulu soal picky eater!

Tentu ibu merasa bingung menghadapi anak yang tiba-tiba jadi menolak sejumlah makanan yang diberikan atau memisahkan sejumlah bahan makanan yang dia tak sukai.

Tapi hal itu tidak perlu dikhawatirkan, karena yang ibu harus tahu picky eater adalah suatu kondisi saat anak pada jenjang usia tertentu, yang biasanya masuk pada usia pra sekolah, mereka hanya mau makan asupan yang disukainya saja.

Makanan seperti sayur dan buah itu biasanya akan ditolak atau disisakan dalam piringnya. Saat itu terjadi maka kebutuhan gizi bagi si kecil akan berkurang, bahkan bisa berisiko stunting atau gagal dalam pertumbuhan tubuh serta otaknya.

Penyebab buah hati bisa mengalami hal tersebut, menurut dokter spesialis anak dari rumah sakit Bunda Menteng, Rini Sekartini yang dikutip dari vemale.com menjelaskan ada sejumlah faktor yang mempengaruhinya.

Bisa dari yang paling dasar adalah dari kepribadian sang anak yang memang enggan untuk mencoba makanan baru sampai orang tua yang tak memberi makanan bervariasi.

Selin itu, terlalu banyak memberi porsi makanan tanpa melihat usia si kecil juga bisa memberikan dampak yang tak baik.

Cara menyiasati si picky eater mudah kok!

Jadi saat ibu sudah tahu bagaimana bisa si kecil jadi seorang picky eater, ada beberapa hal yang dapat ibu lakukan menurut penjelasan dr. Rini, sebagai langkah menyiasati masalah tersebut.

Untuk langkah pertama bisa dengan memberikan suasana yang menyenangkan ketika makan dan sebisa mungkin jangan buatnya terburu-buru.

Setelah itu, berikan makanan sesuai dengan porsi si kecil, karena hal itu berkaitan dengan penyesuaian lambungnya yang memang masih kecil

Agar jadi tidak bosan, cobalah berikan makanan baru berulang kali pada si kecil atau bisa juga dengan berkreasi pada menu makan anak.

Yang terpenting, ibu sebagai orang tua haruslah dalam kondisi yang tenang dan jangan sampai marah. Satu hal lagi yang perlu diingat, memberikan susu saat anak menjadi picky eater itu bukan solusi.

Hal itu disebabkan, karena susu bukan pengganti makanan, tapi hanya sebagai pelengkap. Jadi susu bukanlah andalan saat anak jadi picky eater ya.

Buruknya, kecukupan variasi nutrisi makanan dalam tubuh sang anak jadi tidak seimbang karena hal tersebut. Nah, sudah tahu kan sekarang cara atasi anak pilih-pilih makanan?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -