Nggak Perlu Panik, Begini Cara Atasi Cemas Hadapi Serangan Teroris!

Tandaseru – Kejadian bom beruntun yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo mampu menghadirkan kecemasan di tengah masyarakat. Namun tak perlu panik, ada kok cara atasi cemas saat menghadapi serangan para teroris!

Memang beberapa hari berturut-turut Indonesia diguncang serangan teroris dan bom, tak ayal rentetan kejadian tersebut kerap membuat kepanikan dan kecemasan dikalangan masyarakat.

Walaupun banyak dari mereka yang bukan menjadi korban secara langsung, namun rasa cemas pasti timbul akibat kehidupan yang merasa ikut terancam.

Tapi tenang saja, ada empat cara mengatasi kecemasan akibat kejadian serangan teroris, seperti yang dijelaskan psikolog Dr.Monica Cain.

Mengambil jeda jadi salah satu cara atasi cemas!

Cemas itu terjadi akibat ingatan yang selalu dipaksa untuk bekerja. Memang tak ada salahnya mengikuti setiap berita dari sumber terpercaya, namun tidak juga berada pada kondisi “kebanyakan informasi”.

Menjejali otak dengan informasi dari beragam sumber seperti televisi, media cetak, media sosial dan grup percakapan saat ada kejadian besar seperti serangan teroris akan berdampak buruk pada segi psikologi.

Rasa cemas serta takut secara alami akan muncul, agar hal itu tak terjadi sebaiknya ambillah jeda untuk memberikan otak ketenangan tidak selalu “diberi makan” dengan rasa takut. Selai itu pilihlah sumber berita terpercaya, bukan media sosial yang tak akurat.

Mencoba menerima ketidakpastian

Hal tersebut dimaksudkan agar seseorang harus pasrah dengan apa yang akan terjadi dengan menerima ketidakpastian yang akan muncul.

Jadi jangan langsung panik saat berada di tempat umum ketika mendengar berita serangan teror seperti bom Surabaya.

Sebab, seberapa pun seseorang menyiapkan diri, tetap saja kemungkinan untuk jadi korban akan selalu ada di mana pun dan kapan pun. Seperti halnya kejadian mendadak tersambar petir.

Tetap melakukan rutinitas

Memang serangan teroris yang terjadi begitu berdekatan seperti yang dialami di wilayah Jawa Timur bukan hal yang sepele. Namun, bukan berarti serangan itu membuat aktivitas sehari-hari Anda terganggu.

Waspada memang perlu ditingkatkan, apalagi dalam situasi saat ini. Namun menjalankan kehidupan secara normal tetap harus dilakukan seperti sebelumnya agar mengurangi rasa cemas tersebut.

Karena tujuan utama dari para teroris itu menciptakan ketakutan, jadi sebisa mungkin jangan memberikan apa yang mereka inginkan.

 

Usai kejadian teror

Seluruh peristiwa tragis memang bisa berpengaruh pada sisi psikologis seseorang dalam berbagai bentuk, sekalipun orang tersebut tidak ada di lokasi kejadian atau tak memiliki hubungan dengan korban.

Namun, kebanyakan orang justru mencoba keras untuk tak memikirkan kejadian tersebut agar perasaan lebih tenang, tetapi hal tersebut justru tidak cukup efektif.

Sebaiknya, biarkan saja otak memperoses apa yang terjadi tanpa perlu di hindari apalagi sampai mengobati dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, tanpa konsultasi pada dokter.

Jika dalam beberapa minggu masih terganggu dan merasa cemas, susah tidur atau terus kepikiran, maka segeralah berkonsultasi ke psikiater atau dokter.

Sebisa mungkin perhatikan cara atasi cemas saat hadapi serangan teroris di atas agar tak lagi muncul kepanikan!

Kumpulan Berita Terkait