Nggak Perlu Khawatir, ini 5 Cara Cegah Atap Bocor Saat Hujan!

Tandaseru – Musim penghujan mulai tiba, terkadang rasa cemas air hujan akan masuk ke rumah muncul terutama saat hujan besar. Tapi tenang, ada cara cegah atap bocor yang mudah kok!

Memang selama bulan April, cuaca mulai tidak menentu dan terjadi ha,pir di berbagai wilayah Indonesia. Terkadang siang hari matahari sangat terik, tapi tiba-tiba hujan deras pada sore harinya.

Bahkan beberapa bulan terakhir, kerap terjadi hujan deras dengan disertai angin kencang yang mengakibatkan banjir serta kebocoran atap rumah.

Tentu hal itu membuat banyak orang was-was, maka diperlukan perhatian ekstra pada kondisi rumah sebagai tindakan mencegah kebocoran akibat hujan deras di atap rumah. Inilah beberapa cara pencegahannya dihimpun dari berbagai sumber.

Perhatikan kemiringan genting jadi cara cegah atap bocor!

Hal ini sangat penting, apalagi yang baru ingin memiliki rumah. Perhatikan betul kemiringan genting saat membeli atau membangun rumah.

Sudut kemiringan genting ideal adalah 30 derajat, agar air hujan mampu mengalir ke bawah secara langsung dan tak tergenang pada atap.

Jika kemiringan tepat, maka air tidak merembes dan mengakibatkan kebocoran. Kemiringan pun tidak bisa berlebihan, karena bisa mengakibatkan genting mudah merosot dan memberi akses masuk untuk air hujan.

Perhatikan pemasangan genting

Setelah kemiringan pas, cara cegah atap bocor adalah dengan memerhatikan sambungan antar-genting. Apakah telah tersambung rapat atau tidak. Pasalnya, saat ada celah maka potensi kebocoran semakin besar.

Segera mengganti genting jika menemukan kerusakan atau keretakan. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi genting retak pertama kali adalah dengan menambalnya menggunakan kawat kasa dan lapisan cat anti-air atau waterproof.

Jangan lupa periksa kemungkinan plafon lembab dalam rumah, karena lama-kelamaan bisa lapuk dan roboh. Bukan itu saja, jika dibiarkan bisa jadi makanan rayap, karena rayap suka material kayu basah.

Teliti pilihan material atap

Atap dengan bahan seperti asbes, semen fiber dan seng antikarat, dinilai lebih baik daripada material seperti genting tanah liat, genting beton, keramik serta kayu sirap.

Karena, bahan asbes dan semacamnya, mampunyai tingkat kemiringan yang jauh lebih bagus, hingga air dapat mudah mengalir.

Hindari rembesan air

Cara cegah atap bocor ini juga penting, terkadang air bisa masuk melalui dinding. Hal itu disebabkan, oleh pemasangan talang air pada atap rumah yang kurang baik.

Untuk itu, perhatikan pemasangan talang tersebut, jadi air tidak turun merembes ke dinding. Selain itu, Anda juga bisa cegah air merembes lewat dinding dengan melapisinya menggunakan cat anti-air.

Lihat akses pintu dan jendela

Selain atap, hujan deras disertai angin kencang kemungkinan besar membuat air masuk melalui pintu dan jendela karena terdapat lubang kecil yang jadi celah air untuk masuk.

Oleh sebab itu, usahakan pintu dan jendela memiliki akses langsung ke luar rumah yang terlindungi dengan atap yang cukup lebar jadi air hujan tidak langsung masuk ke area pintu atau jendela.

Nah, mudah bukan cara cegah atap bocor? Tidak perlu merasa khawatir lagi saat hujan deras mulai turun!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait