5 Cara Hindari Ngemil Malam, Tak Ingin Gendut Kan?


Tandaseru – Apakah Anda memiliki kebiasaan ngemil larut malam? Kini tak perlu khawatir, sebab ada cara hindari ngemil malam untuk mencegah tubuh naik berat badan.

Ketika malam hari tubuh cenderung menyimpan kalori sebagai lemak daripada membakarnya untuk menghasilkan energi.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan untuk tidak mengonsumsi makanan saat larut malam.

Seperti dilansir dari purewow.com, berikut ini ada beberapa cara mudah menghindari kebiasaan ngemil di malam hari.

Cara hindari ngemil malam dengan minum teh herbal

Khasiat Teh Mawar

Mulai saat ini usahakan mengganti kebiasaan ngemil malam dengan minum teh herbal. Hal ini sangat baik dilakukan saat sedang santai sebelum tidur.

Ritual memegang cangkir hangat dan menyesap teh bisa menjaga pikiran Anda untuk berhenti dari kebiasaan ngemil larut malam.

Berjalan-jalan

Terbiasa ngemil setelah makan malam? Nah, cara ini sangat ampuh usir rasa lapar saat malam loh. Pergilah berjalan-jalan keluar, tapi bukan pergi ke tempat kuliner ya.

Bisa pergi ke taman menikmati udara segar dan olahraga ringan. Hal ini akan membantu pencernaan, menjernihkan kepala, dan membuat tidur lebih cepat.

Tahu apa yang diinginkan

Pahami jam berapa Anda mulai merasa lapar, apakah setelah makan malam? Alihkan jika rasa lapar Anda menyerang pada jam yang biasa Anda tentukan.

Proses berpikir ini akan membuat diri mengantisipasi kebiasaan ngemil di malam hari dan pada akhirnya berhenti.

Tidur lebih banyak

Ketika tubuh kurang tidur dan sering tidur larut, maka tubuh akan meresponnya dengan rasa lapar.

Hormon lapar akan meningkat, sementara leptin, hormon yang memberi sinyal kenyang akan berkurang.

Mengonsumsi lebih banyak protein

Dengan mengonsumsi protein tambahan sebagai makanan terakhir, maka bisa dikatakan Anda sudah cukup makan. Kebiasaan ngemil larut malam pun bisa dihentikan.

Makan lebih banyak protein misalnya seperti kacang garbanzo dan edamame. Kacang-kacangan ini bisa membantu mengekang rasa kosong pada perut.

Jika memang tidak bisa menahan lapar saat larut malam, pastikan bahwa makanan yang dipilih adalah makanan yang sehat.

Demikian 5 cara hindari ngemil malam yang bisa Anda ikuti dirumah. Sudah pernah coba cara yang mana?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait