Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Cara Jitu Kembali Mesra Usai Bertengkar

JAKARTA (!) – Memasuki 2018 harus ada resolusi-resolusi yang mulai dijalankan, jika tahun lalu sering bertengkar dengan pasangan, sekarang waktunya untuk mesra kembali. Ini caranya.

Buatlah komitmen untuk menyelesaikan masalah

Jika dalam keadaan emosi, pasti ada saja perasaan pesimis pada masalah yang sedang dihadapi, apakah akan terselesaikan atau tidak. Untuk itu, penting dalam hubungan membuat komitmen bersama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pastikan semua keputusan yang diambil untuk menuntaskan masalah bersama bukan jadi penyesalan dikemudian hari.

Eratkan hubungan secara fisik

Nyatanya jika pasangan terutama bagi pasangan suami istri yang sedang bertengkar, cara terbaik untuk meredam emosi dengan melakukan kontak fisik, seperti berpelukan atau berhubungan seks.

Kebanyakan pria, merasa ringan rasa dendamnya ketika dirinya bisa membentuk koneksi erat antara dirinya dengan pasangannya. Sementara wanita, cukup dengan mendapatkan pelukan, bisa membantu menenangkan hatinya.

Bahkan ada beberapa konselor perkawinan menyarankan untuk berhubungan seks setidaknya sehari satu kali ketika pasangan sedang dalam permasalahan atau bertengkar.

Bicara dari hati ke hati

Saat sedang emosi, cobalah mendengarkan pasangan kemudian bicara dari hati ke hati. Karena, hal tersebut dapat jadi cara bagi pasangan untuk saling membuka diri serta memahami perasaan satu sama lain. Jadi masalah pun bisa cepat tuntas!

Tetapi jika, merasa belum mampu berbicara dari hati ke hati, maka hindari saling menekan satu sama lain untuk memulai pembicaraan. Biarkan keterbukaan muncul dengan sendirinya.

Pahami sifat serta karakter satu sama lain

Ketika sedang emosi jangan langsung memandang negatif pasangan, justru disinilah pentingnya pasangan untuk saling memahami perbedaan cara serta sifat masing-masing.

Karena dengan begitu, bisa terlihat seperti apa cara pasangan dalam menghadapi masalah, apakah langsung bicara atau memikirkannya dulu sejenak?

Dengan menempatkan empati pada sebuah hubungan dapat jadi penawar kemarahan serta menurunkan kecemasan secara alami. Sehingga suasana akan lebih tenang untuk menyelesaikan suatu masalah.

Jangan ambil kesimpulan sendiri

Hal tersebut sering jadi pemicu timbulnya salah persepsi, sehingga bisa memperparah keadaan. Padahal, belum tentu yang dipikirkan sama dengan yang terjadi.

Maka untuk mengembalikan hubungan harmonis serta bahagia, berpikiranlah lebih positif karena bisa melunakkan hati masing-masing. Lalu, saat sudah sama-sama lunak baru bisa duduk berdua dan mencari solusi bersama tanpa saling menyalahkan.

Berilah jeda untuk sebuah hubungan

Memang tidak semua permasalahan dapat terselesaikan hanya dalam satu kali percakapan, atau satu hari, satu minggu saja.

Ada kalanya, perlu sesekali melihat ke belakang serta mengevaluasi apa yang telah dilewati bersama sejauh ini. Memberikan jeda sementara waktu, bisa berguna untuk saling memberi ruang bebas.

Saat itu, mandaatkan untuk merenungkan kembali perasaan masing-masing, serta pertimbangkan apa yang sebelumnya dibicarakan kemudian, pikirkan solusi yang tepat sebelum lanjut berdiskusi.

Ingatlah lagi, telah banyak badai yang berhasil terlewati sejauh ini, maka hal tersebut sudah membuktikan anda dan pasangan sudah berhasil. Maka, permasalahan selanjutnya, tentu bisa terselesaikan dengan baik bersama lagi, benar kan?

Anda mungkin juga berminat