Menurut Pakar, ini 4 Cara Kelola Stres yang Benar!

Tandaseru – Stres jangan dulu panik, ada sejumlah cara kelola stres yang baik dan benar dan bisa langsung dipraktikkan dan membuat rasa stress Anda hilang!

Memang telah banyak literatur yang dapat memberitahu tentang cara untuk mengelola stres yang bisa menimbulkan beragam masalah dalam tubuh, baik fisik ataupun mental.

Tapi sebenarnya, bagaimana pendapat para ilmuwan mengenai cara terbaik untuk kelola stres seseorang? Terdapat empat cara yang mampu dilakukan, menurut para pakar tersebut.

Olahraga 30×5 jadi salah satu cara kelola stres!

Untuk cara kelola stres satu ini datang dari Dr. Benjamin Wolozin, MD, Ph.D., yaitu profesor farmakologi dan neurologi di Boston University School of Medicine.

Dr. Benjamin mengungkapkan olahraga mampu membawa lebih banyak darah menuju otak dan mempunyai efek yang positif untuk mencegah penumpukan butiran stress di tubuh.

Agar hasil lebih maksimal, lakukan olahraga sekurang-kurangnya 30 menit dengan intensitas sedang, selama kurang lebih lima kali dalam seminggu.

Konsumsi makanan pelangi

Makanan pelangi bukanlah rainbow cake atau makanan manis lainnya yang berwarna-warni, tapi beragam sayuran dan buah dengan warna cerah.

Hal itu menurut Dr. Susan Blum, MD, pendiri sekaligus direktur Blum Center for Health di New York, makanan tersebut baik untuk mencegah dan membalikkan stress oksidatif karena mengandung antioksidan.

Dia menyarankan isilah 70 persen piring dengan sayuran beragam warna, serta targetkan total dua porsi buah warna-warni dalam sehari.

Jaga kebersihan mulut

Bukan hanya menyarankan untuk berolahraga sebagai cara kelola stres, tapi Dr. Benjamin juga mengatakan salah satu sumber stres berasal dari plak gigi dan gingivitis.

Hal itu menciptakan peradangan dan mampu melukai sel-sel dalam tubuh. Agar terhindar dari sakit tersebut, sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan rutin ke dokter gigi dua kali dalam setahun.

Bersihkan udara

Selain itu, cara kelola stres lainya menurut Dr. Benjamin pun mengatakan penelitian awal menunjukkan kemungkinan ada hubungan antara racun lingkungan yang terkandung di udara dengan stres yang diderita.

Maka dari itu, dia menyarankan untuk sedikit berinvestasi pada alat pembersih udara yang baik sekali pun harganya cukup mahal agar bisa membersihkan udara di seluruh ruangan rumah untuk mengurangi stres.

Jika Anda sering stres, cobalah beberapa cara kelola stres di atas agar rasa stres segera hilang!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait