Jangan Terlalu Lama, Begini Cara Mandikan Bayi yang Benar!

Tandaseru – Bayi memang memiliki kulit yang sensitif, dan sebagai orang tua harus tahu cara mandikan bayi dengan benar. Jangan sampai membuat bayi malah jadi sakit!

Memang banyak yang mengabaikan bagaimana cara terbaik untuk memandikan bayi, terutama bagi bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun.

Orang dewasa saja pasti memiliki tipe kulit tertentu dan takut akan terjadi iritasi jika salah menggunakan air ketika mandi, begitu pula dengan bayi yang memang punya tipe kulit yang rapuh.

Jadi cara mandikan bayi dengan benar itu seperti apa?

Bukan karena bayi punya kulit yang sensitif lantas si kecil tidak dimandikan. Mandi merupakan kegiatan sangat penting, agar kulit bayi terjaga kebersihan dan kehalusannya.

Dengan mandi yang benar, dapat membantu untuk mengurangi risiko kulit terkena iritasi dan juga gatal pada sang buah hati.

Selain itu Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), Dr. Srie Prihianti pun menjelaskan ada sejumlah hal yang harus diperhatikan ketika memandikan bayi.

Mandikan bayi jangan terlalu lama!

Dr. Srie melanjutkan hal pertama yang wajib diketahui para ibu, bayi yang tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia perlu dimandikan sebanyak dua kali sehari.

“Ketika mandi, bayi tidak memakai semprotan namun harus direndam. Level airnya pun harus cukup untuk memasukkan seluruh tubuh si bayi. Jika tidak bisa masuk seluruhnya dalam air, bayi bisa menggigil,” katanya.

Bukan hanya itu, air yang digunakan pun harus hangat, bukan air panas apalagi menggunakan air yang dingin. Mandi pun tidak boleh terlalu lama ya!

Paling lama bisa 10 sampai 15 menit memandikannya seperti dijelaskan Dr. Srie. Bukan hanya saat mandi, ketika membersihkannya pun perlu diperhatikan.

Mulai dari alat hingga bahan pembersih yang digunakan harus yang organik dan tidak memakai kandungan parfum ataupun warna.

Perlu diingat juga, banyak atau tidaknya busa yang dihasilkan tidak ada hubungannya dengan kebersihan ketika mandi.

Banyak orang beranggapan, sabun yang tidak banyak busa itu tidak bersih, padahal semakin banyak busa justru semakin tinggi risiko menimbulkan kerusakan pada kulit bayi.

Jadi ibu jangan salah lagi ya, jika sudah tahu cara mandikan bayi dengan benar seperti di atas?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait