Cara Memasak Ini Bisa Buat Seluruh Keluarga Keracunan

JAKARTA (!) – Pernah memperhatikan cara memasak di rumah? Ternyata ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari kerap dilakukan saat memasak dan itu bisa meracuni seluruh anggota keluarga.

Memang dengan memasak sendiri di rumah selain bisa berhemat, kadar gizi dan kesehatan makanan untuk keluarga juga bisa dipantau.

Tapi kenyataannya, ada beberapa kesalahan cara memasak yang tanpa disadari dan harus dihindari agar tidak meracuni anggota keluarga di rumah.

Penyebab keracunan pada umumnya adalah kontaminasi bakteri serta kuman penyakit dalam makanan. Kondisi tersebut punya gejala beragam, seperti sakit perut sampai diare berat.

Untuk itu ada baiknya memperhatikan beberapa cara memasak yang ternyata salah ini, agar makanan tidak terkontaminasi.

Tidak Mencuci Tangan

Sebelum memasak sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu! Walaupun banyak yang menyepelekannya, tetapi hal itu merupakan salah satu tindakan pencegahan penularan penyakit infeksi ataupun keracunan makanan.

Bahkan Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mengatakan cuci tangan dapat mencegah 30 persen kasus diare yang kerap terjadi akibat keracunan makanan.

Maka, biasakan untuk mencuci tangan sebelum memasak,  selama 20 detik memakai sabun pada air mengalir.

Mencairkan Makanan Beku

Mencairkan makanan beku yang dimaksud di sini adalah tidak boleh mencairkannya dengan suhu ruangan. Karena, suhu ruangan merupakan tempatnya beragam bakteri untuk berkembang biak.

Bakteri umumnya tumbuh pada suhu 4-60 derajat celsius. Oleh sebab itu, jika ingin mencairkan makanan beku, lakukanlah dalam kulkas di bagian bawah atau dalam air dingin.

Atau bisa juga mencairkan langsung pada suhu panas, seperti dalam microwave agar bakteri yang mungkin masih hinggap di makanan dapat mati.

Mencuci Daging Mentah

Kesalahan lain saat memasak adalah dengan mencuci daging mentah, baik itu berupa daging sapi atau daging ayam.

Dengan mencuci daging di bawah air mengalir akan membuat bakteri yang tadinya ada di permukaan daging jadi menyebar ke seluruh dapur, bahkan bisa ke pakaian.

Maka, sebaiknya jangan lagi mencuci daging mentah. Karena bahan makanan yang harus dicuci hanyalah buah-buahan serta sayuran mentah.

Mencicipi Makanan Kedaluwarsa

Banyak yang dengan sengaja mencicipi makanan yang kedaluwarsa karena masih tersisa banyak dan merasa masih enak. Padahal makanan kedaluwarsa harus segera dibuang.

Terkadang membuang sesuatu yang masih banyak memang tak tega, tapi coba pikirkan berapa banyak bakteri di dalamnya.

Hal itersebut sangat mudah membuat orang lain yang menyantapnya jadi keracunan. Jadi saat makanan telah lewat tanggal kedaluwarsa, maka sebaiknya langsung dibuang saja.

Membumbui Daging Mentah

Banyak orang yang biasa merendam daging mentah dengan berbagai bumbu agar rasanya meresap.

Namun, hati-hati. Jangan sampai meninggalkan rendaman daging itu pada suhu ruangan. Sebaiknya, usai dibumbui serta diungkep, masukkan saja rendaman itu dalam lemari pendingin.

Hal tersebut bisa membuat bakteri tidak ada yang hinggap saat daging tersebut dibumbui.

Jangan lupa untuk tidak menggunakan lagi bumbu bekas atau yang telah digunakan pada daging mentah,  untuk makanan matang.

Wadah yang Sama

Keracunan makanan dapat disebabkan oleh kontaminasi silang. Maka sebisa mungkin untuk memisahkan wadah makanan mentah dengan makanan matang.

Jangan sampai  kedua makanan itu tercampur maupun diletakkan pada wadah yang sama.

Kumpulan Berita Terkait