Ungkep Ayam Bakar yang Benar dan Tepat, Wajib Contek Nih!

Tandaseru – Aroma ayam bakar selalu khas harumnya sampai membuat selera makan tergugah. Tak sedikit orang yang penasaran bagaimana cara membuat ayam ungkep bakar yang gurih, lembut, empuk dan meresap sampai ke tulang.

Bumbu ungkep ayam memang jadi salah satu masakan khas Indonesia yang dibuat dengan begitu spesial.

Ungkep merupakan teknik memasak dengan cara direbus dalam jangka waktu yang cukup lama. Masakan yang luar bisa ini bisa Anda coba untuk keluarga tercinta di rumah.

Bagi Anda yang menyukai ayam bakar bercita rasa pedas manis, ikuti saja resep ayam bakar pedas manis berikut ini.

Cara membuat ayam ungkep bakar yang lezat yaitu dengan bahan-bahan ini

Bahan yang diperlukan dalam membuat ayam ungkep bakar adalah 1 kg ayam, 1 buah jeruk nipis, 1 buah kelapa ambil airnya saja, 2 sampai 3 lembar daun salam, kecap manis dan blue band untuk mengoles ayam.

Bumbu ayam ungkep yang gurih

Sediakan 15 buah cabe merah, 10 buah cabe rawit, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, dan 3 buah kemiri.

Kemudian siapkan 1 ruas lengkuas, 5 cm jahe, 2 buah serai, dan 5 cm kencur.

Langkah membuat ayam ungkep bakar yang meresap sampai ketulang

Ungkep ayam sebelum dibakar membuat tekstur dagingnya lebih empuk, lebih matang, dan kaya rasa. Langkah yang satu ini memberikan keunggulan untuk ayam bakar.

Tahap pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat ayam ungkep bakar yaitu dengan membersihkan ayam potong sesuai selera, lalu lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis diamkan 10 menit.

Selanjutnya, haluskan semua bumbu kecuali serai yang digeprek. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan lalu masukkan serai dan daun salam aduk hingga bumbu mulai harum.

Ungkep ayam dengan api kecil sampai bumbu sedikit kering

Mulailah masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu dan tuang air kelapa hingga semua bagian ayam terendam, ungkep ayam hingga air menyusut.

Agar hasilnya lebih sempurna, ungkep dengan api kecil. Dengan begitu, bumbunya akan lebih menyerap dan tekstur daging ayam cukup matang.

Setelah itu, angkat ayam dan ambil sisa bumbu untuk mengoles ayam ketika nanti dibakar.

Gunakan api sedang saat membakar

Jangan lupa untuk siapkan tempat memanggang ayam dan olesi dengan blue band. Campurkan 2 sdm blue band ke bumbu sisa memasak tadi agar rasanya semakin gurih.

Bakar ayam, dan olesi dengan bumbu menggunakan kuas atau batang serai yang telah digebrek halus bagian ujungnya sehingga menyerupai serabut.

Bila tak punya tempat khusus membakar, Anda bisa pakai wajan datar anti lengket atau grilling pan.

Dengan begitu Anda tak perlu olesi minyak, langsung saja masukkan ayam berbumbu dalam wajan.

Nah, ingin daging matang sempurna? Gunakan api sedang supaya ayam tanak. Sebab api besar memang cepat mematangkan tapi hanya bagian luar.

Balik-balikan ayam dan ulangi seperti proses diatas. Perlu diingat, karena ayam sudah diungkep maka jangan terlalu lama membakar karena ayam sudah dalam proses masak.

Resep ayam ungkep bakar dengan bumbu kecap pedas manis pun sudah siap dihidangkan, dan paling enak dinikmati selagi hangat. Coba ikuti resep diatas ya, selamat memasak.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait