Mau Jenggot Bebas Ketombe? Ikuti Tips Ampuh Ini

Tandaseru – Ketombe tidak hanya ada di kulit kepala, tapi juga bisa muncul pada jenggot. Anda tentu tidak ingin memiliki jenggot penuh ketombe, bukan? Yuk, simak cara mencegah jenggot berketombe pada ulasan berikut ini.
Sebagian pria beranggapan bahwa memiliki jenggot bisa membuat penampilan lebih maskulin. Meski begitu, ada kewajiban yang harus dilakukan di balik wajah berjenggot, yaitu memberikan perhatian ekstra pada kebersihannya. Jika tidak, ketombe bisa muncul sehingga akan menggangu tampilan Anda.
Ketombe pada jenggot menyebabkan dagu terasa gatal, kulit merah, dan mengelupas. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir. Coba ikuti panduan berikut ini untuk mencegah jenggot berketombe.

Cara mencegah jenggot berketombe dengan rajin bersihkan jenggot

Menjaga kebersihan jenggot amatlah penting karena rambut yang tumbuh di dagu ini bisa menciptakan kelembapan dan memicu pertumbuhan jamur penyebab ketombe.
Cara membersihkannya sama seperti keramas. Basahi jenggot Anda dengan air bersih mengalir. Tuangkan sedikit sampo pada telapak tangan dan usap hingga berbusa.
Pijat kulit dagu Anda secara perlahan dan lembut untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di kulit dagu. Lalu biarkan selama 3 menit dan bilas hingga bersih. Setelahnya, keringkan dengan handuk bersih.

Pilih sampo jenggot yang sesuai jenis rambut

Sampo yang digunakan untuk keramas biasanya terlalu keras untuk kulit dagu Anda. Iritasi bisa terjadi jika memiliki kulit wajah sensitif.
Namun sampo juga mengandung bahan kimia yang bisa mengganggu keseimbangan jamur yang hidup di kulit sehingga bisa menyebabkan ketombe. Untuk itu, cukup gunakan sampo satu setetes saja.
Jika sampo membuat kulit dagu sangat kering, maka gunakan produk pembersih jenggot yang dijual ada di toko-toko. Sebelum membeli tidak ada salahnya untuk membaca review dari para penggunannya.

Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan teknik untuk mengangkat penumpuk sel-sel kulit mati. Cukup lakukan perawatan ini seminggu dua kali maka akan membantu membersihkan kulit wajah yang ditumbuhi rambut dari sisa sel kulit mati.
Kotoran yang tak sepenuhnya terangkat saat mencuci jenggot juga bisa hilang,  loh. Tips ini juga bisa membantu melembutkan rambut yang tumbuh sehingga jadi lebih mudah diatur.
Caranya siapkan scrub untuk ekafoliasi dan sikat dengan bulu yang lembut. Lalu bersihkan jenggot dengan air bersih dan usapkan scrub pada jenggot hingga kulit dagu. Pijat  dan gosok secara perlahan dengan sikat. Lalu, bersihkan dengan air bersih dan keringkan.
Penyebab Jenggot Tidak Rata

Pakai pelembap jenggot

Bila kulit dagu terlalu kering, maka jaga kelembapan kulit dengan mengoleskan pelembap. Pilihlah pelembap berbasis minyak agar bisa menyerap baik pada kulit, seperti argan oil.
Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot

Cukur jenggot secara rutin

Semakin panjang jenggot yang Anda miliki, perawatan yang dilakukan juga semakin menantang. Tak cukup hanya dibersihkan, jenggot juga perlu dicukur secara berkala. Cara mencegah jenggot berketombe yang satu ini cukup ampuh, loh.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait